idak diragukan lagi ia merupakan pemain bertalenta besar, salah satu yang terbaik di benua ini."
Barcelona (ANTARA News) - Barcelona telah menyelesaikan proses perekrutan gelandang serang Ousmane Dembele dari klub Jerman Borussia Dortmund dengan ikatan kontrak lima tahun untuk memecahkan rekor transfer klub senilai 105 juta euro plus berbagai tambahan, demikian pernyataan klub Spanyol itu, Jumat (25/8).

Pemain internasional Prancis itu mengoleksi sepuluh gol dan memberikan 20 umpan matang di semua kompetisi untuk membantu Dortmund finis di peringkat ketiga Liga Jerman musim lalu. Tim itu juga menjuarai Piala Jerman.

Barca mengumumkan Dembele akan tiba di Barcelona pada Minggu (27/8) guna menjalani pemeriksaan medis pada Senin, sebelum meneken kontrak yang akan mengandung klausa pelepasan senilai 400 juta euro.

Ia juga akan secara resmi diperkenalkan pada Senin di Stadion Nou Camp, demikian keterangan yang dikutip kantor berita Reuters.

"Tidak diragukan lagi ia merupakan pemain bertalenta besar, salah satu yang terbaik di benua ini," catat laman Barca (www.fcbarcelona.com).

Tidak lama setelah pengumuman Barcelona, pernyataan dari klub Liga Jerman mengonfirmasi penjualan itu.

"FC Barcelona akan membayar kepada Borussia Dortmund kompensasi transfer senilai 105 juta euro. Di atas itu terdapat kesepakatan mengenai berbagai variabel kompensasi transfer yang dapat mencapai maksimal sekitar 40 persen dari komepensasi transfer."

Barcelona juga mengincar pemain Liverpool Philippe Coutinho ketika mereka berupaya mengisi kekosongan yang disebabkan oleh kepergian bintangnya Neymar, yang bergabung ke Paris St Germain (PSG) dengan memecahkan rekor transfer dunia sebesar 222 juta euro.

Setelah Neymar, Dembele menjadi pemain termahal peringkat kedua sepanjang masa ketika berbagai tambahan kesepakatan transfer akan membuatnya melampaui jumlah 105 juta euro yang dibayarkan Manchester United ke Juventus untuk mendapatkan Paul Pogba tahun lalu.

Ia juga menjadi pemain termahal di Liga Spanyol, transfernya melewati jumlah 100 juta euro yang dikeluarkan Real Madrid untuk mendapatkan Gareth Bale pada 2013.

Barca perlu merekrut pemain papan atas untuk menggantikan pemain Brazil yang tergaris bawahi saat mereka kalah 1-5 dari Real Madrid di Piala Super Spanyol pada awal bulan, meski klub Katalan itu menang 2-0 atas Real Betis pada pertandingan pembukaan liga.

Mereka akan mengunjungi Alaves pada Sabtu, sedangkan Dembele berpeluang melakukan debutnya setelah jeda internasional pada 9 September 2017, ketika Barca menjamu rival sekota Espanyol.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017