Solok Selatan (ANTARA News) - Pada tahun ketiga kerja sama Dinas Peternakan Sumatera Barat dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk unit Padang, keduanya kembali menjalankan program JAPFA4Kids bersamaan dengan Livestock Expo, Kontes Ternak dan Bulan Bhakti Peternakan & Kesehatan Hewan.

Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, Japfa mengusung pendekatan baru untuk mengembangkan sekolah menjadi tempat yang sehat dan nyaman serta menumbuhkan perilaku bersih hidup dan sehat bagi anak-anak.

”Tahun ini kami ingin berbuat lebih dengan memastikan perubahan terjadi di sekolah dan berkesinambungan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kami akan menempatkan dua orang fasilitator untuk menjadi pendamping bagi sekolah untuk mendorong terjadinya perubahan,” ujar Head of Social Investment & Corporate Communication Department Japfa R. Artsanti Alif dalam siaran pers, Sabtu.

Strategi Japfa untuk mendorong dan memastikan perubahan di sekolah diawali dengan memberikan pelatihan untuk guru dan siswa. Menyasar 100 guru yang berasal dari 7 SDN di Kecamatan Sangir, Solok Selatan.

Japfa memberikan pelatihan mengenai manajemen tata kelola sekolah. Mengadopsi manajemen 5S dari Jepang, pelatihan tersebut membekali guru mengenai prinsip tata kelola sekolah yang bersih, sehat, dan nyaman.

Tak hanya menyasar para guru, Japfa juga melatih anak-anak untuk menjadi duta perubahan di sekolah. Terdapat tiga jenis pelatihan yang bertempat di SDN 04 Timbulun pada 23 Agustus 2017 mulai dari Pelatihan Duta Makanan Sehat, Pelatihan Duta Anak Sehat, dan Pelatihan Duta Lingkungan. Setiap jenis pelatihan diikuti oleh sekitar 42 anak.

Upaya JAPFA untuk memastikan perubahan secara berkesinambungan diwujudkan dengan masa pendampingan selama 6 bulan kegiatan. Program akan dilaksanakan di 7 sekolah dampingan yaitu SDN 04 Timbulun, SDN 06 Durian Taruang, SDN 07 & 18 Sungai Lambai, SDN 12 & 24 Pincuran Tujuah & SDN 14 Padang Aro.

Kegiatan JAPFA4Kids merupakan program investasi sosial Japfa yang dilaksanakan sejak tahun 2008. Sejak tahun 2017, kegiatan JAPFA4Kids mengembangkan prinsip perubahan yang berkesinambungan dalam pelaksanaan programnya.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017