Kebakaran kemarin mengakibatkan tiga hektare kawasan TNGC yang berada di Kabupaten Majalengka hangus
Cirebon (ANTARA News) - Lereng Gunung Ciremai yang berlokasi di Kabupaten Majalengaka, Jawa Barat, sempat terbakar pada Sabtu (27/8) yang mengakibatkan seluas tiga hektare kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) itu hangus, namun api sudah berhasil dipadamkan.

"Kebakaran kemarin mengakibatkan tiga hektare kawasan TNGC yang berada di Kabupaten Majalengka hangus," kata Humas Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Agus Yudantara saat dihubungi melalui telepon seluler, Minggu.

Agus melanjutkan kebakaran semula dari luar kawasan TNGC yaitu di lahan milik warga dan kemudian merembet ke kawasan, namun tidak sampai meluas, karena masyarakat langsung melaporkan kejadian itu.

Kawasan yang terbakar kata Agus tidak terdapat pohon, akan tetapi hanya terdapat alang-alang dan juga rumput liar.

Menurutnya personel dari TNGC dan masyarakat bahu membahu untuk memadamkan api yang tengah membakar lahan di kawasan tersebut.

"Setelah kami mendapatkan laporan dari warga, kami langsung menerjunkan personel dan dibantu masyarakat sekitar untuk memadamkan api," tuturnya.

Dia menambahkan pada Sabtu (27/8) sekitar jam 10.00 WIB menerima laporan dari masyarakat bahwa terdapat kepulan asap di lereng Gunung Ciremai diduga kebakaran.

"Kebakaran di lereng Gunung Ciremai tepatnya di atas Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka, namun dipastikan sudah padam," katanya lagi.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017