Jakarta (ANTARA News) - Beberapa peristiwa menarik kemarin masih laik dibaca hari ini, mulai dari BCA menggratiskan penarikan tunai di ATM bank lain akibat gangguan satelit, tur lima kota dalam sehari film "Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss Part:2", hingga Presiden kirim sapi seberat satu ton ke Padang.


PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggratiskan biaya tarik tunai antarbank melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) lain sebagai kompensasi dampak gangguan terhadap 5.700 ATM BCA akibat gangguan satelit Telkom-1.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam jumpa pers di Jakarta, Senin, mengatakan selama proses pemindahan dari satelit Telkom-1 (reroute) BCA akan mengganti biaya tarik tunai antarbank yang dilakukan nasabah pada akhir bulan. Tarif tarik tunai dari rekening BCA melalui ATM bank lain biayanya Rp7.500 per penarikan.

"Tapi hanya tarik tunai yang biayanya kami bebaskan, untuk layanan lain seperti cek saldo, transfer, tarifnya tetap karena nasabah bisa menggunakan layanan Internet banking, mobile banking dan lainnya, tidak perlu gunakan ATM," ujar dia.



Presiden Joko Widodo membagikan satu sapi kurban seberat satu ton untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha di Masjid Raya Sumatera Barat di Kota Padang.

"Nanti daging sapi kurban dari presiden ini akan dibagikan pada masyarakat sekitar masjid," kata Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Sumatera Barat Ali Asmar, Senin.



Baterai pengisi daya gadget atau "power bank" hasil daur ulang sampah yang diproduksi warga Kota Bekasi menjadi salah satu pemenang lomba teknologi tepat guna yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun ini.

"Produk ini kami rakit dari daur ulang limbah baterai laptop yang ada di lingkungan kami sejak 2016," kata produsen power bank limbah batre, Joko Susilo (55), di Bekasi, Senin.

Pengisi daya berkapasitas 10 ampere itu bisa bertahan 10 jam pengisian. Joko bahkan sanggup memberikan garansi masa pakai produknya selama 12 bulan berdasarkan pemanfaatan bahan baku yang berkualitas.


Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menyetujui pembiayaan proyek pembangunan sarana transportasi massal Mass Rapid Transit (MRT) Fase 2 rute Bundaran HI-Kampung Bandan). 

"Kami sudah setuju untuk membiayai pembangunan MRT Fase 2. Kami juga menyetujui penambahan dana untuk pembangunan MRT Fase 1 (Lebak Bulus-Bundaran HI)," kata Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana di Jakarta, Senin. 



PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) memerkirakan perlu dua hingga tiga pekan untuk memulihkan sekitar 30 persen atau 5.700 mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik perusahaan yang tidak beroperasi akibat gangguan pada satelit Telkom-1.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam jumpa pers di Jakarta, Senin, mengatakan pihaknya akan melakukan pemindahan satelit (reroute) dari Telkom-1 yang terganggu ke dua satelit, yakni sekitar 3.700 ATM ke satelit Telkom-3S dan 2.000 ATM ke satelit Apstar.

"Untuk perbaikan dan pemindahan ATM itu akan memakan waktu dua hingga tiga pekan," kata Jahja.



Para pemain "Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss Part:2" mendarat di bandar udara Adi Sutjipto Yogjakarta pukul 22.10 WIB, sebagai kota terakhir tur lima dalam sehari mereka setelah sejak pagi mengunjungi Makassar, Surabaya, Solo dan Semarang.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017