Minggu, 24 September 2017

AS dan Jepang sepakat tingkatkan tekanan terhadap Korut

| 2.342 Views
AS dan Jepang sepakat tingkatkan tekanan terhadap Korut
Hwasong-14, peluru kendali antarbenua atau ICBM milik Korea Utara. (Reuters)
Tokyo (ANTARA News) - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan pada Selasa bahwa dia dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sepakat untuk meningkatkan tekanan terhadap Korea Utara setelah negera itu meluncurkan rudal balistik melintasi Jepang, dalam provokasi paling serius Pyongyang selama bertahun-tahun.

"Kita harus segera mengadakan pertemuan darurat di PBB, dan selanjutnya memperkuat tekanan terhadap Korea Utara," kata Abe kepada wartawan setelah pembicaraan telepon selama 40 menit dengan Trump.

(Baca: Rudal Korea Utara membuat AS desak DK PBB bertemu)

"Meningkatkan tekanan -- Jepang dan Amerika Serikat sepenuhnya sepakat mengenai hal ini," imbuh Abe, tanpa menjelaskan lebih lanjut langkah-langkah yang diusulkan.

Dia menambahkan bahwa Trump -- yang terlibat perang mulut dengan Pyongyang atas pengembangan senjatanya -- mengatakan Washington akan mendukung sekutunya Jepang.

"Presiden Trump berkomitmen bahwa Amerika Serikat mendukung Jepang sepenuhnya," kata Abe, mengutip pernyataan Trump.

"Kami akan bekerja sama antara Jepang, AS dan Korea Selatan. Kami juga akan menjangkau Tiongkok, Rusia dan komunitas internasional dan meningkatkan tekanan terhadap Korea Utara agar mereka mengubah kebijakannya," demikian AFP.

(Baca juga: Korea Utara nekat, luncurkan rudal ke atas wilayah Jepang)

Penerjemah: Monalisa

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga