Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Maruf Cahyono mengatakan lembaga negara tersebut terus meningkatkan kapasitas sebagai institusi dari berbagai dimensi untuk menciptakan pemerintahan yang bersih.

Dalam sambutannya saat memimpin upacara bendera dalam rangka hari ulang tahun ke-72 MPR/DPR RI di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa, Maruf mengatakan peningkatan kapasitas tersebut juga didukung oleh aparatur sipil negara yang bekerja di lembaga tersebut.

"Selama 72 tahun MPR dan DPR sebagai aparatur sipil negara telah menghasilkan pekerjaan-pekerjaan yang baik sehingga memunculkan citra baik di masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, "Kami mengawal pelaksanaan tugas wewenang MPR, yang berurusan dengan politik dan berhubungan dengan ketatanegaraan. Tantangan ke depan semakin besar seiring dengan perkembangan demokrasi, politik dan dinamika masyarakat itu sendiri."

Sekjen mengatakan peran ASN sangat besar dalam mengelola dan mendorong pelaksanaan kerja MPR dan DPR sehingga bisa memenuhi harapan masyarakat.

"Bagaimana kita harus memberikan pelayanan terhadap MPR,DPR dan DPD, yakni dengan kerja maksimal sehingga bisa meningkatkan kepercayaan publik," katanya.

Terkait ulang tahun ke-72 lembaga itu, Maruf mengajak semua pihak di lingkungan MPR melakukan rencana proyeksi ke depan terkait birokrasi.

"Mudah-mudahan MPR sebagai lembaga negara bisa semakin maju dan semakin baik dalam melayani masyarakat," tuturnya.

Dalam upacara tersebut juga disampaikan penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari pemerintah kepada Maruf Cahyono yang dinilai melaksanakan tugas dengan baik.

Maruf memberikan ide pembentukan lembaga pengkajian MPR sebagai laboratorium konstitusi yang bertugas memberikan pertimbangan terkait pengkajian sistem ketatanegaraan.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017