Sukabumi, Jawa Barat (ANTARA News) - Sutradara Hollywood asal Indonesia, Livi Zheng, terpesona dengan kebudayaan khas Kota Sukabumi, Jawa Barat, yakni olahraga bola api atau bola seuneu yang merupakan ikon daerah setempat.

"Sebelum membuat film pendek berlatar Sukabumi, saya sempat mencari literatur kebudayaan dan diberi tahu olahraga bola api yang ternyata atraksi tersebut sangat indah dan unik sehingga membuat saya terpesona," kata Livi di sela pengambilan gambar film Life is Full of Surprises, di ponpes Al-Fath Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Selasa.

Menurut dia, banyak kekhasan dari Kota Sukabumi selain bola api ini ternyat masih ada cambuk api. Apalagi pengambilan gambarnya saat malam hari sehingga jelas terlihat hidupnya.

Tentunya ia akan membawa kebudayaan ini ke Amerika Serikat apalagi kru film yang membantu dirinya menggarap dua film pendek tersebut diboyongnya dari negeri Paman Sam. Lanjut dia, melihat dari literaturnya ternyata olah raga bola api ini pun sudah ditetapkan Wali Kota Sukabumi sebagai ikon daerah.

"Saya sangat senang berada di sini walaupun, karena masih banyak tempat indah serta kebudayaan lainnya yang belum saya ketahui selain Palabuhanratu dan moci," tambahnya.

Sutradara yang pernah masuk dalam nominasi Oscar 2016 ini mengatakan selain kebudayaan, banyak kuliner yang rasanya lezat dan cocok di lidah siapapun. Kemungkinan, Livi akan kembali lagi ke Sukabumi jika proses shoting yang dilakukannya selama sepekan rampung.

"Ini bukan awal dan akhir saya datang ke Sukabumi ke depannya tidak menutup kemungkinan saya akan membuat film lagi dengan latar kebudayaan dan pariwisata lainnya di kota mochi," kata Livi.

Pewarta: Aditya Rochman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017