Jakarta (ANTARA News) - Pabrik Semen Baturaja II siap beroperasi secara komersil pada 1 September 2017, setelah menjalani dua bulan masa trial.

“Jumat (1/9) kita mulai produksi full secara komersil,” kata Direktur Utama PT Semen Baturaja Tbk Rahmad Pribadi usai bertemu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Kamis.

Menurut Rahmad, waktu operasi tersebut lebih cepat satu bulan dari rencana sebelumnya, yakni 1 Oktober 2017. Pabrik tersebut nantinya akan menambah kapasitas produksi hingga 1,8 juta ton.

“Kami meminta Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik kami, bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto,” ungkap Rahmad.

Diketahui, pabrik Baturaja II akan meningkatkan kapasitas terpasang perusahaan sebanyak 92,5 persen atau menjadi 3,85 juta ton pada 2018 dari kemampuan produksi saat ini sebesar 2 juta ton.

Adapun pabrik terbaru ini berlokasi di Baturaja, Sumatra Selatan telah menelan investasi sebesar Rp3,4 triliun. 

Pada kesempatan yang sama, Rahmad menyampaikan optimistis mampu mencapai target penjualan tahun ini yang dipatok 20 persen lebih tinggi dari tahun lalu, mengingat pasar di Sumatera optimal.

“Pasar di Sumatra masih menjanjikan dikarenakan permintaan di sana lebih banyak dibandingkan dengan kapasitas produksi pabrik. Tahun ini kami yakin dapat menjual sebanyak 2 juta ton semen, atau lebih banyak lebih dari 500.000 ton dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” katanya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017