London (ANTARA News) - Alex Oxlade-Chamberlain menjadi pemain internasional Inggris kedua yang meninggalkan Arsenal dalam rentang waktu dua hari, ketika ia bergabung dengan klub rival di Liga Inggris Liverpool dengan biaya transfer yang dilaporkan sebesar 40 juta pound pada Kamis.

Gelandang 24 tahun itu, yang mencatatkan 132 penampilan di Liga Inggris untuk "The Gunners" sejak diboyong dari Southampton pada 2011, menyetujui kontrak jangka panjang, kata Liverpool dalam pernyataan di situs resmi mereka pada hari terakhir bursa transfer.

Pada Rabu, bek kiri Arsenal berusia 27 tahun Kieran Gibbs pindah ke West Bromwich Albion dengan kontrak empat tahun.

Liverpool telah mengungguli juara bertahan Chelsea untuk mendapatkan Oxlade-Chamberlain, yang menjadi rekrutan utama keempat manajer Juergen Klopp di musim panas ini.

Oxlade-Chamberlain telah menjalani pemeriksaan medis di kamp latihan Inggris St Georges Park, di mana skuad sedang mempersiapkan diri untuk pertandingan-pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Malta dan Slovakia.

"Pertama-tama, saya senang dapat direkrut Liverpool dan terima kasih banyak untuk semua orang di sini di FA yang telah memungkinkan hal ini terwujud, menggunakan fasilitas-fasilitas. Ini merupakan bantuan besar," kata Oxlade-Chamberlain di situs resmi Liverpool.

"Saya berada di sini bersama (timnas) Inggris dan kami memiliki dua pertandingan besar di depan mata, maka saya ingin fokus kepada mereka. Namun saya tidak sabar untuk berada di (lapangan latihan Liverpool) Melwood," tambah sang pemain, yang hanya memiliki satu musim tersisa pada kontraknya di klub London utara.

Oxlade-Chamberlain tidak pernah benar-benar mengamankan posisi di Arsenal di mana ia terbiasa digunakan dalam berbagai peran, yang paling efektif sebagai gelandang kanan. Ia hanya mengoleksi sembilan gol di liga.

Liverpool juga telah merekut Mohamed Salah dari Roma dan bek kiri Hull City Andrew Roberston, serta pada Rabu mereka telah mengamankan kesepakatan untuk gelandang RB Leipzig asal Guinea Naby Keita, yang akan pindah ke Anfield pada akhir musim. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017