California (ANTARA News) - Petugas pemadam kebakaran mencapai kemajuan dalam mengendalikan kebakaran hutan di California Utara, Kamis, kendati cuaca panas menyengat, sehari setelah kebakaran terjadi yang menyebabkan perintah pengungsian bagi ratusan warga setempat.

Api yang dijuluki dengan sebutan "Ponderosa" telah menghanguskan sekitar 1.457 Hektare lahan di sekitar 135 km arah utara ibu kota California, Sacramento, sejak Selasa, kata petugas.

Suhu udara mencapai 38 derajat Celsius dan pekan ini udara panas pekan ini memanggang California memicu sejumlah kebakaran di beberapa tempat.

Pihak berwenang mengingatkan, udara panas dapat semakin membesarkan api serta memicu kebakaran lain.

Pada Rabu pihak berwenang juga mengeluarkan perintah mengungsi bagi penduduk setempat yang menghuni sekitar 500 rumah dan 800 bangunan yang terancam Ponderosa di Orovile.

"Salah satu masalah yang kami hadapi dalam kebakaran ini masih banyak masyarakat yang tidak mengungsi," kata Paul Lowenthal, juru bicara dari 1.600 petugas yang mengendalikan kebakaran.

Perintah mengungsi masih berlaku pada Kamis dan petugas masih bertugas.

Seorang warga Orovile bernama John Ballenger ditahan pada pekan ini karena dicurigai menyebabkan kebakaran dengan api perkemahan dan menyebabkan api menyebar tidak terkendali. Dia akan dibawa ke meja hijau pada Jumat. 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017