Jakarta (ANTARA News) - Kepala Dinas Kesehatan TNI AL, Laksamana Pertama TNI drg Nora Lelyana MHKes, memaparkan tingkat kesehatan gigi personel militer di forum Dinas Kesehatan Gigi Militer Dunia 2017, di Madrid, Spanyol. 

Forum ini, menurut keterangan Dinas Penerangan TNI AL, di Jakarta, Jumat, merupakan ajang ilmiah kedokteran gigi, dokter gigi militer sedunia. 

Kali ini, TNI mengirim utusan dari lingkungan TNI AL, meliputi juga  Laksamana Muda TNI (Purn) drg Bambang Haryoto SpOrt., Kolonel Kesehatan Dr drg Wawan Suridwan SpPros, Letnan Kolonel Kesehatan drg Zelvya Purnama Rika SpKGA, Mayor Kesehatan drg M Arifin SpOrt, Mayor Kesehatan drg Lusy Damayanti SpKGA.

Selain mereka, terdapat juga para ahli kedokteran gigi dari perguruan tinggi Indonesia, yaitu UGM dan Universitas Padjadjaran. 

Kesehatan gigi dan mulut bagi personel militer Indonesia mendapat perhatian serius untuk dipelihara dan tingkatkan mutunya. TNI AL memiliki Lembaga Kesehatan Gigi dan Mulut TNI AL yang dikhususkan untuk itu. 

“Kami juga berharap agar ajang ini dapat dimanfaatkan untuk saling bertukar pengalaman sehubungan dengan permasalahan gigi dan mulut serta, sesuai perkembangan teknologi di dunia kedokteran gigi militer,” kata Lelyana. 

Ia menambahkan, “Terutama untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas dokter gigi militer dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu juga, melalui kegiatan ini, diharapkan menjadi stimulus bagi para dokter gigi muda untuk mengembangkan diri dan kemampuannya guna menghadapi tantangan dimasa yang akan datang.”

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017