... pencegahan dan penurunan kegemukan di Amerika Serikat akan memerlukan tindakan dari banyak kalangan masyarakat...
Washington (ANTARA News) - Lebih satu dari lima orang dewasa bertubuh gemuk terdapat di setiap negara bagian Amerika Serikat, demikian data baru yang disiarkan pada Kamis (31/8) oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat.

Perkiraan sebaran mereka beragam di seluruh negara bagian, mulai dari 22,3 persen di Colorado sampai 37,7 persen di Virginia, kata CDC.

Lima negara bagian --Alabama, Arkansas, Louisiana, Mississippi, dan West Virginia-- memiliki angka warga gemuk lebih tinggi dari 35 persen.

Proporsi itu melampaui 30 persen di 25 negara bagian dan 25 persen di 47 negara bagian. Hanya tiga negara bagian --Colorado, Hawaii, dan Massachusetts-- dan District of Columbia memiliki angka warga bertubuh tambun antara 20 persen dan 25 persen.

Data tersebut, yang didasarkan atas informasi yang dilaporkan sendiri dari survei 2016 di negeri itu, Behavioral Risk Factor Surveillance System, memperlihatkan orang dewasa di Amerika Serikat "masih berjuang" menghadapi kegemukan, kata CDC.

CDC juga mendapati South memiliki prevalensi kegemukan tertinggi (32 persen), diikuti Midwest (31,4 persen), Northeast (26,9 persen) dan West (26 persen).

Orang dewasa dengan pendidikan lebih tinggi memiliki kemungkinan lebih kecil untuk melapor mereka gemuk, kata CDC. 

Orang dewasa tanpa pendidikan sekolah menengah memiliki angka kegemukan tertinggi yang dilaporkan sendiri (35,5 persen), diikuti lulusan sekolah menengah (32,3 persen), orang dewasa dengan pendidikan tinggi (31 persen) dan lulusan perguruan tinggi (22,2 persen).

Selain itu, orang dewasa muda separuh lebih mungkin untuk memiliki tubuh gemuk saat mencapai usia setengah baya. 

Orang dewasa yang berusia 18 sampai 24 tahun memiliki angka kegemukan paling rendah yang dilaporkan sendiri (17,3 persen) dibandingkan dengan orang dewasa yang berusia 45 sampai 54 tahun yang memiliki prevalensi tertinggi (35,1 persen).

"Sehingga pencegahan dan penurunan kegemukan di Amerika Serikat akan memerlukan tindakan dari banyak kalangan masyarakat," kata CDC.

"Pemimpin masyarakat dan negara bagian, majikan, pegawai lembaga pemerintah, penyedia perawatan kesehatan, dan banyak orang lagi dapat membantu mempermudah orang dewasa dan keluarga mereka untuk bergerak lebih banyak dan makan makanan yang lebih sehat guna mengurangi resiko kegemukan," kata CDC.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017