Karawang (ANTARA News) - Arus lalu lintas jalan Tol Jakarta-Cikampek di sekitar wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, ramai lancar sehari setelah Idul Adha, Sabtu.

Kondisi arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek dari arah Jakarta menuju Cikampek atau sebaliknya cenderung lancar, meski terjadi peningkatan volume kendaraan.

Sejumlah titik rawan macet seperti di jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 66, tepatnya di titik pertemuan arus antara arus kendaraan dari jalan Tol Cipularang dengan arus jalan Tol Jakarta-Cikampek cenderung lancar.

Pantauan Antara pada Sabtu siang hingga menjelang malam, tidak terjadi penumpukan kendaraan di titik rawan macet tersebut.

Meski tidak terjadi kemacetan di jalan tol, sejumlah rest area di sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek tersebut cukup padat. Bahkan, kendaraan sulit diparkir akibat penuhnya kendaraan yang terparkir di rest area.

Sementara itu, PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek Cabang Bekasi memprediksi puncak arus balik libur panjang Idul Adha tahun ini akan terjadi pada Minggu (19/8).

Pada puncak arus balik Idul Adha itu, diprediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan hingga 25 persen atau 97.086 dari kondisi lalu lintas normal 77.331 kendaraan yang melewati Gerbang Tol Cikarang Utama.

Arus balik ini akan lebih didominasi masyarakat dari arah Jawa Barat menuju Jakarta daripada Jawa Tengah," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru.

Prediksi ini untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan agar lebih berhati-hati saat melaju pada ruas jalan tol itu.

Selain itu, juga meminta pengguna jalan agar mengatur jam keberangkatan, supaya tidak terkena kemacetan pada ruas tol tersebut.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017