Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mendesak komunitas internasional untuk mendorong penyelesaian masalah etnis Rohingya di Rakhine berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan sehingga kekerasan bisa dihentikan.

"Solidaritas kemanusiaan untuk Rohingya adalah implementasi nilai-nilai kemanusiaan. Kita mendesak dunia internasional untuk adil dan tidak menetapkan standar ganda," kata Ketua MPR RI dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Saat berbicara dihadapan ratusan santri Pondok Pesantren Asshidiqiyah di Jakarta, Zulkifli mengajak semua elemen masyarakat di Indonesia untuk memberi dukungan dihentikannya kekerasan yang terjadi di Rakhine tersebut.

Ia mengatakan bangsa Indonesia mengecam kekerasan yang terjadi karena tidak mencerminkan penghargaan terhadap nilai kemanusiaan.

Bagi bangsa Indonesia, kata Ketua MPR RI, Pancasila mengajarkan bagimana saling menghormati dan menghargai antar manusia, serta menolak semua kejahatan terhadap kemanusiaan.

Pancasila, kata Zulkifli, menjamin penduduknya untuk menjalankan perintah agama secara leluasa.

"Menjalankan agama secara baik dan benar, adalah jalan menjadi warga negara yang baik," katanya.

Diakhir sambutannya, Ketua MPR RI kembali menyerukan dukungan moral bagi etnis Rohingya dan harapan agar kekerasan segera diakhiri.

(Baca: MPR serukan solidaritas kemanusiaan Rohingya)

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017