Palembang (ANTARA News) - Penghubung para tamu (Liaison Officer) VIP pada Asian Games XVIII tahun 2018 akan menjalani pendidikan khusus sebelum bertugas.

Ketua Bidang Promosi Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC) Sumatera Selatan, Nirmala Dewi, di Palembang, Senin, mengatakan, sebanyak 500 orang LO VIP dan VVIP akan mengikuti pelatihan bahasa dan tingkah laku menggingat para tamu yang akan dilayani setara pejabat menteri.

"Mereka setidaknya bisa berbahasa Inggris aktif dan berpenampilan menarik. Mereka diarahkan layaknya seperti sekretaris yang mengatur dan menginformasikan jadwal kegiatan," kata dia.

Ia mengatakan kemampuan LO yang demikian itu sesuai permintaan dari Dewan Olimpiade Asian (OCA).

Untuk itu, panitia penyelenggara mengharapkan para finalis ajang pencarian bakat Putri Sumsel, Bujang Gadis Palembang dan Bujang Gadis Kampus, dan lainnya untuk mendaftarkan diri menjadi LO VIP.

"Kami berharap mereka berminat karena secara penampilan tentunya sudah memenuhi syarat," kata dia.

Bagi yang berminat dapat melakukan pendaftaran secara online ke link website www.volunteer.asiangames2018.id yang telah dibuka sejak pekan lalu.

"Semua proses pendaftaran akan dilakukan secara online sehingga proses rekrutmen dapat terpantau dan transfaran. Setiap data diri pendaftar akan dihubungkan dengan data kepolisian secara otomatis gugur," kata Dewi.

Kota Palembang menjadi tuan rumah Asian Games bersama DKI Jakarta pada Agustus 2018 dengan menyelenggarakan 11 cabang olahraga. Sebagian besar pertandingan akan diselenggarakan di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017