Cirebon (ANTARA News) - Mini Planetarium dari LAPAN akan bisa disaksikan oleh warga secara gratis di Goa Sunyaragi Cirebon, Jawa Barat, saat Festival Keraton Nusantara (FKN) Ke-XI yang akan diadakan di Kota Udang.

"Mini Planetarium bisa dikunjungi oleh warga selama tiga hari mulai 5 sampai 7 September," kata Sultan Keraton Kasepuhan, Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat di Cirebon, Senin.

Tidak hanya Planetarium yang bisa dinikmati warga secara geratis, LAPAN juga akan memberikan edukasi tentang antariksa yaitu berupa dongeng antariksa.

Sultan mengatakan dalam waktu tiga hari tersebut, warga juga bisa menikmati teropong bintang dan bulan di malam hari.

"Kita buka mulai jam 17.00 WIB sampai 21.00 WIB, untuk yang ingin menyaksikan bulan atau bintang melalui teropong milik LAPAN," tuturnya.

Selain itu di sekitar Goa Sunyaragi juga akan diramaikan dengan digelarnya Pasar Rakyat, hal ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Cirebon.

Sultan menambahkan pagelaran Festival Keraton Nasional (FKN) ke-XI sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 15 sampai 19 September 2017,dimana tiga keraton sebagai tuan rumah acara tersebut.

"Tiga keraton Cirebon, yaitu Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan, ditambah Taman Air Gua Sunyaragi siap untuk menjadi tempat festival," kata Sultan.

Perhelatan yang mengumpulkan seluruh kesultanan yang berada di Nusantara itu akan mengadakan berbagai pertunjukan seni dan budaya.

Terutama seni dan budaya yang bercirikan dengan keraton yang tersebar di Nusantara. Dimana sebanyak 50 Keraton peserta dan 100 Keraton peninjau akan mengikuti FKN.

"Kalau Keraton peserta yang akan ikut ada 50 dan sebagai peninjau 100 keraton," katanya lagi.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017