Manokwari (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan berkunjung ke Kabupaten Kaimana, Papua Barat, pada 15 September 2017 untuk meresmikan sejumlah proyek nasional di daerah tersebut.

"Ini masih rencana ya, beliau akan meninjau pembangunan pelabuhan Kaimana dan rencana pengembangan Teluk Triton sebagai salah satu destinasi pariwisata di Papua Barat," kata Sekretaris Daerah Papua Barat Nataniel Mandacan di Manokwari, Senin.

Dia menyebutkan, di sela kunjungan tersebut dijadwalkan Presiden akan meresmikan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) setanah Papua yang akan dilaksanakan di daerah tersebut.

Setelah dari Kaimana, lanjutnya, Presiden dijadwalkan akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat. Disana Presiden akan meninjau Danau Anggi dan potensi pariwisata di daerah tersebut.

"Beliau akan naik ke Pegunungan Arfak melalui Manokwari. Dari Bandara Rendani Presiden akan naik helikopter menuju Anggi," katanya lagi.

Terkait rencana kunjungan tersebut, kata dia, sudah ada pertemuan antara Menteri Sekretaris Negara dengan Gubernur Papua Barat, Bupati Kaimana dan Bupati Arfak. Dalam pertemuan tersebut Mensesneg menyampaikan bahwa Presiden bersedia ke Papua Barat pada 15 September.

Nataniel berharap, tidak ada perubahan jadwal sehingga Jokowi bisa menginjakan kaki dan memacu pembangunan di Kaimana dan Pegunungan Arfak.

Ia juga berharap, cuaca di wilayah Papua Barat pada 15 September mendatang bagus. Sehingga kegiatan Presiden selama di daerah tersebut berlangsung lancar.

"Sekarang bulan September, diperkirakan sudah tidak ada lagi angin selatan. Kita berdoa, semoga cuaca baik," ujar Sekda lagi.

Pewarta: Toyiban
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017