Jakarta (ANTARA News) - Kejadian langka terjadi saat satu pesawat terbang Boeing B-737-800 Air India Express diarahkan ke apron secara tidak semestinya di Bandara Internasional Kochi, di Negara Bagian Kerala, India, pagi hari ini. 




Pesawat terbang dengan rute Abu Dhabi-Kochin itu sudah mendarat secara mulus pada pukul 02.40 waktu setempat, dan kemudian diarahkan untuk memutar. Masalahnya, pesawat terbang dengan 102 pemakai jasa penerbangan itu belok bukan di area dan jalur yang seharusnya. 




Sekitar 90 meter menjelang rute taxi yang seharusnya dilalui menuju apron, pesawat terbang itu dimundurkan. Ternyata kemudian pesawat terbang itu keluar dari jalur yang seharusnya menuju apron




Masalahnya, ternyata di area belakang di mana pesawat terbang itu diputarkan itu ternyata selokan. Jadilah kedua roda pendarat belakang pesawat terbang itu masuk selokan dan pesawat terbang itu terjebak begitu saja, sebagaimana dinyatakan ndtv.com, yang dikutip di Jakarta. 




“Semua pemakai jasa penerbangan itu selamat dan sudah diungsikan. Tidak ada korban,” kata juru bicara Bandara Internasional Kochin. 




Pesawat terbang itu kontan didaratkan (grounded) dan Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil India langsung menggelar penyelidikan untuk mengungkap sebab-musabab insiden itu terjadi. 




Pekan lalu, satu penerbangan Air India harus ditunda selama sembilan jam karena ada tikus yang mengerogoti bagian-bagian dalam pesawat terbangnya. 

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017