Wamena (ANTARA News) - Komandan Kodim (Dandim) 1702/JYW Letkol Inf Lukas Sadipun memastikan insiden kebakaran yang menghanguskan belasan kios di Kabupaten Tolikara, Papua pada 4 September 2017, bukan karena persoalan kisruh pilkada.

"Saya tegaskan bahwa kebakaran di Karubaga, Kabupaten Tolikara itu murni kecelakaan, tidak ada kaitannya dengan masalah Pilkada di sana," kata Lukas di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Selasa.

Berdasarkan informasi sementara, kebakaran disebabkan karena lilin yang menyala di salah satu kios penyimpan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan saat ini pihak kepolisian masih terus mendalami insiden itu.

"Warga sudah diungsikan sementara ke halaman Koramil Karubaga dan untuk pemeriksaan selanjutnya ditangani pihak kepolisian," katanya.

Ia memastikan kejadian itu tidak merenggut korban jiwa dan diharapkan agar warga tidak menjadikan kebakaran itu sebagai bagian dari isu politik untuk memprovokasi warga lainnya.

"Tidak ada kaitannya dengan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Tolikara, sehingga kebakaran ini jangan diartikan dengan berbagai isu politik," katanya.

Menurut dia insiden itu sepenuhnya kini ditangani oleh kepolisian dan situasi serta keamanan di sana tetap normal.

"Biarkan kepolisian selaku pihak berwenang menyelesaikan penyelidikan, kita hanya membantu evakuasi warga korban kebakaran agar memiliki tempat tinggal sementara," katanya.

(T.KR-MFY/R021)

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017