Doha (ANTARA News) - China terpaksa mengubur harapan mereka untuk lolos ke putaran final Piala Dunia Rusia 2018 kendati mengalahkan Qatar pada pertandingan Kualifikasi zona Asia di Doha, Selasa malam waktu Qatar.

China gagal melenggang ke Piala Dunia karena hanya menempati posisi lima klasemen akhir Kualifikasi Grup A setelah Suriah ditahan imbang pemuncak klasemen Iran 2-2, sedangkan Uzbekistan juga bermain seri 0-0 melawan Korea Selatan.

Walaupun China mengalahkan Qatar 2-1, namun perolehan poin mereka tetap tertinggal dari Suriah dan Uzbekistan yang berada pada urutan tiga dan empat dengan 13 angka. Adapun China pada urutan lima dengan 12 poin.

China bangkit setelah tertinggal di awal babak kedua dan bahkan berhasil membalikkan kedudukan kendati kapten Zheng Zhi dihukum kartu merah pada menit 80.

Akrim Afif menempatkan tim tuan rumah unggul pada menit ke-46, berkat gol yang dicetak dari jarak dekat. Namun tim tamu menyamakan kedudukan pada menit 74 lewat aksi Xiao Zhi.

Dua menit setelah kapten Zheng Zhi diusir wasit karena melanggar Afif, China berbalik unggul berkat gol pemain pengganti Wu Lei.

Di sisi lain, laga ini menjadi malam yang menyedihkan bagi Qatar karena berada pada dasar klasemen Grup A.

Pertandingan ini dimainkan di stadion Khalifa yang hampir kosong, dan menjadi laga internasional pertama yang dimainkan pada stadion yang menjadi salah satu tempat penyelenggaraan putaran Piala Dunia 2022, demikian AFP.

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017