Jakarta (ANTARA News) - Tentara Suriah akhirnya mengakhiri pengepungan selama bertahun-tahun oleh ISIS terhadap kantong pemerintah di Kota Deir Ezzor, Selasa waktu setempat, di tengah upaya Suriah mengusir ISIS dari salah satu basis terkuatnya ini.

ISIS sudah kehilangan lebih dari separuh wilayah pusat kekuasaannya di Raqa yang jatuh ke tangan pasukan dukungan AS. Jika terusir dari Deir Ezzor dan daerah-daerah kaya minyak sekitar provinsi yang bernama sama dengan kota itu, maka ISIS hanya menguasai kantong-kantong pertahanan yang sudah terisolasi.

Pasukan Suriah yang didukung serangan udara Rusia merangsek masuk ke Deir Ezzor dari berbagai jurusan dalam beberapa pekan terakhir, dan Selasa kemarin memasuki markas Brigade 137 di tepi barat. Rusia menyambut kemenangan strategis penting ini.

"Tentara Arab Suriah sore ini mengakhiri pengepungan di Kota Deir Ezzor setelah gerak pasukannya sudah tiba di Brigade 137," siar kantor berita SANA .

"Pencapaian besar ini adalah pergeseran strategis dalam perang melawan teror," kata panglima tentara Suriah seperti dikutip AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017