London (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir pada Selasa (5/9) membatah hubungan dengan Iran membaik setelah Teheran mengucapkan terima kasih kepada Riyadh atas penanganannya soal ibadah haji.

"Jika Iran ingin menjalin hubungan baik dengan Arab Saudi, mereka harus mengubah kebijakannya. Mereka harus menghormati hukum internasional," kata Jubeir di sebuah konferensi pers di London.

"Ibadah haji adalah kewajiban agama, tidak ada hubungannya dengan politik," tambahnya, merujuk kepada salah satu rukun Islam.

Meskipun hubungan kedua negara memburuk pada Januari 2016 setelah warga Iran menyerang kedutaan besar Saudi di Teheran, sekitar 86.000 jemaah Iran mengikuti ibadah haji pekan lalu.

Warga Iran sebelumnya tidak bisa melakukan ibadah haji pada 2016, setelah perundingan gagal karena masalah keamanan, menyusul insiden pada tahun sebelumnya yang menewaskan hingga 2.300 orang, termasuk ratusan warga Iran.

Sebelumnya pada Selasa Iran mengucapkan terima kasih kepada Arab Saudi atas penyelenggaraan ibadah haji yang sukses tahun ini, mengatakan mereka membuka jalan untuk negosiasi, demikian AFP.  (mu) 

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017