Kendari, Sulawesi Tenggara (ANTARA News) - Wakil Kepala Staf TNI AL, Laksamana Madya TNI A Taufiq R, mengatakan pengembangan dan pembinaan olahraga air merupakan bagian dari pembinaan potensi maritim indonesia.

"TNI AL selaku pembina olahraga air di Indonesia senantiasa merupakan bagian dari fungsi TNI AL dalam melakukan pembinaan potensi maritim," kata Taufiq, saat membuka secara resmi KASAL Cup 2017 di Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis.

Selain itu kata dia, pembinaan olahraga air seiring juga dengan kebijakan pemerintah, dalam poros maritim yang pilar pertamanya adalah menghidupkan kembali budaya maritim.

Kegiatan KASAL Cup itu katanya, mempertandingkan lima cabang olahraga air, kelima cabang olahraga yang dilaksanakan di perairan Teluk Kendari itu, yakni perahu layar, dayung, selam, ski air, serta memancing.

"Kegiatan egiatan ini merupakan salah satu rangkaian Hari Ulang Tahun ke-72 TNI AL," katanya.

Sedangkan peserta KASAL Cup 2017 itu diikuti sebanyak 1.119 atlet dipusatkan di Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara, 7-9 September.

Pada pembukaan kegitan KASAL Cup 2017 itu dimeriahkan demonstrasi terjun payung, ski air, jet ski, terbang lintas pesawat terbang militer dari Skuadron 600 Wing Udara 1 Pusat Penerbangan TNI AL, dan lain-lain.

Pewarta: Suparman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017