Kamis, 21 September 2017

Jabar siap bantu pengembangan program multikampus

| 2.086 Views
Jabar siap bantu pengembangan program multikampus
Wagub Jabar Dedy Mizwar (ANTARA /Agus Bebeng)
Multikampus bisa kita kembangkan supaya akses kepada pendidikan tinggi buat masyarakat di mana pun di Jawa Barat tadi itu mudah, tidak harus ke kota besar, (mahasiswa) tidak harus kos di kota besar,"
Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat siap membantu pengembangan program multikampus atau pendirian perguruan tinggi di daerah untuk memudahkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat di pelosok kota/kabupaten di Jabar.

"Multikampus bisa kita kembangkan supaya akses kepada pendidikan tinggi buat masyarakat di mana pun di Jawa Barat tadi itu mudah, tidak harus ke kota besar, (mahasiswa) tidak harus kos di kota besar," kata Wakil Gubernur Jabar Dedi Mizwar yang akrab disapa Demiz melalui siaran pers Biro Humas Pemprov Jabar di Bandung, Kamis.

Ia menuturkan, Pemerintah Provinsi Jabar terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat untuk mendukung program pembangunan daerah, juga penunjang masyarakat agar bisa bersaing di era global saat ini.

Upaya yang terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jabar, kata dia, yaitu fokus terhadap pengembangan perguruan tinggi di daerah atau disebut program multikampus yang selama ini sudah bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi terkemuka di Jabar.

Ia menyebutkan, perguruan tinggi yang sudah menjalin kerja sama pengembangan kampus daerah yakni Institut Pertanian Bogor (IPB) di Sukabumi, Institut Teknologi Bandung (ITB) di Cirebon, dan Universitas Padjadjaran (Unpad) di Pangandaran.

Demiz menjelaskan, program multikampus itu dilakukan untuk memudahkan akses masyarakat di daerah agar bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

"Makanya multi kampus kita kembangkan. Sekarang ada di tiga kota dan di Subang juga ada Politeknik, jadi, sekarang orang Cirebon gak usah belajar ke Bandung, jadi, prodinya (program studi) disesuaikan dengan masyarakat Cirebon dengan pertumbuhannya," kata Demiz.

Ia berharap, ada keberanian pemerintah daerah untuk mengembangkan program multi kampus di kota/kabupaten dengan menyediakan lahan minimal 30 hektare untuk pendirian kampus.

"Kita bisa bangun perguruan tinggi seperti Pangandaran, itu (Kabupaten Pangandaran), kabupaten termuda tapi sekarang udah ada perguruan tinggi negeri di sana, yaitu multikampus Unpad," katanya.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga