Jakarta (ANTARA News) - Distributor resmi Jaguar Land Rover (JLR) di Indonesia, PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) , memperkenalkan Range Rover Velar  yang menjadi model keempat dalam jajaran SUV premium SUV asal Inggris itu.

Velar memberikan tambahan pilihan bagi para konsumen SUV premium di Tanah Air karena segmen mobil ini berada di atas Range Rover Evoque, namun di bawah Range Rover Sport.

Di pasar Indonesia, Range Rover Velar dijual mulai Rp 2,05 miliar untuk tipe 2.0 R-Dynamic SE, sedangkan pilihan 3.0 R-Dynamic SE dijual Rp 2,35 miliar berstatus off the road.

"Range Rover Velar membawa dimensi kemewahan, modern dan keanggunan baru dalam keluarga Range Rover," ujar Roland Staehler, Chief Operating Officer PT WAE di Jakarta, Jumat.

"Velar menawarkan tingkat kemewahan, kesempurnaan, sekaligus kemampuan di segala medan yang belum pernah ada di kelas SUV mid-size. Ini adalah tipe terbaru Range Rover untuk tipe konsumen baru," sambung Staehler.

Velar terbuat dari struktur alumunium ringan dan kaku yang dipadukan dengan suspensi double-wishbone di depan dan integral link untuk belakang (tipe 2.0) yang menawarkan pengendalian yang baik, lincah namun tetap mengedepankan kenyamanan. Sedangkan Velar bermesin V6 3.0 liter sudah menggunakan suspensi udara.

SUV premium ini menggunakan sistem penggerak empat roda dengan Intelligent Driveline Dynamics serta ketangguhan melintasi genangan air 650 mm dan teknologi Terrain Response.



Range Rover Velar tampak belakang. (ANTARA News/Alviansyah)

Velar hadir dalam pendekatan desain yang sederhana namun memberikan perhatian lebih pada setiap detailnya. Secara desain, mobil ini dirancang dengan keseimbangan antara proporsinya yang kekar dan sosok elegan khas Range Rover.

Jarak sumbu roda 2.874 mm memberikan ruang kabin yang lapang dan penggunaan velg 22 inci membuat Velar terlihat kian gagah. Mobil ini menggunakan lampu full-LED depan berdesain ramping dengan handel pintu "flush deployable yang menambah nilai aerodinamika mobil.

Di bagian dalam kabin, terdapat sistem hiburan Touch Pro dengan layar sentuh 10 inci high definition yang dipasangkan selaras dengan warna interior mobil.

Velar tersedia dalam dua pilihan mesin yaitu 4 Silinder 2.0 liter serta mesin V6 3.0 liter yang sama-sama menggunakan bahan bakar bensin.

Mesin baru Ingenium 2.0 lier menghasilkan tenaga puncak 250 PS dan torsi 365 Nm yang mampu berakselerasi 0-100km dalam 6,7 detik. Sedangkan mesin V6 3.0 liter memakai supercharger yang mengeluarkan tenaga maksimal 380 PS dan torsi maksimal 450 Nm.

Velar versi mesin V6 ditunjang transmisi otomatis 8-percepatan lansiran ZF yang mampu berakselerasi 0-100 km dalam 5,9 detik.

Video:


Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017