Yogyakarta (ANTARA News) - Perpustakaan Kota Yogyakarta meningkatkan layanan perpustakaan digital Diana (Digital Library untuk Anda) dengan menambah koleksi buku digital hingga mencapai ribuan judul.

"Dengan layanan ini, anggota Perpustakaan Kota Yogyakarta tidak perlu datang ke perpustakaan untuk meminjam buku. Cukup membuka laman perpustakaan dan membaca buku digital (e-book) yang ada," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Sabtu.

Wahyu menjelaskan syarat utama untuk menikmati layanan Diana adalah terdaftar sebagai anggota perpustakaan terlebih dulu karena untuk mengakses e-book perpustakaan pengguna harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi.

"Ini untuk memastikan bahwa pemustaka yang mengakses layanan ini tercatat dan terekam di sistem kami. Pemustaka bisa membaca secara online" katanya.

Ia menambahkan Diana menyediakan buku digital fiksi mau pun nonfiksi. "Kami akan terus melakukan penambahan judul buku yang dimasukkan dalam layanan Diana," katanya.

Meski sudah memiliki layanan Diana, Wahyu mengatakan, jumlah pemustaka yang mengakses Perpustakaan Kota Yogyakarta tidak berkurang dari sekitar 1.200 hingga 1.400 pemustaka tiap hari.

"Pemustaka itu datang bukan hanya untuk meminjam buku tetapi mereka juga melakukan banyak kegiatan lain misalnya berdiskusi bahkan mengerjakan tugas sekolah secara berkelompok," katanya.

Pemustaka, menurut dia, merasa lebih mudah mengerjakan tugas di perpustakaan karena ada beragam buku yang bisa mereka gunakan untuk mendukung penyelesaian tugas.

"Layanan internet yang kami sediakan secara gratis pun banyak dimanfaatkan pemustaka untuk mencari berbagai materi secara online," katanya.

Pada pekan depan, Wahyu menjelaskan, akan ada Hari Kunjung Perpustakaan. Pemustaka yang berkunjung pada 14 September akan memperoleh layanan istimewa dan haidah kejutan.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017