Rabu, 27 September 2017

Nigeria klaim gagalkan rencana serangan Boko Haram

| 3.424 Views
Lagos (ANTARA News) - Nigeria pada Sabtu (9/9) mengatakan mereka telah menggagalkan rencana Boko Haram untuk melancarkan serangan terkoordinasi di negara itu saat perayaan Idul Adha.

Badan intelijen Nigeria, Department of State Services (DSS), mengatakan mereka telah menggagalkan "rencana jahat... untuk menyebabkan kekacauan saat hari raya pekan lalu".

"Rencananya adalah melancarkan penembakan dan bom bunuh diri di sejumlah target terpilih di wilayah ibu kota federal, Abuja, Kano, Kaduna, Niger, Bauchi, Yobe dan Borno," kata juru bicara DSS Tony Opuiyo, sebagaimana dilaporkan AFP.

Terduga dalang rencana serangan tersebut, diketahui bernama Husseini Mai-Tangaran, ditangkap di kota Kano pada 31 Agustus, yang berujung pada penahanan sejumlah lainnya, tambahnya.

Mai-Tangaran digambarkan sebagai komandan "terkenal" di faksi Abu Mus'ab al-Barnawi di Boko Haram, yang didukung ISIS di Suriah dan Irak.

DSS juga mengatakan dia adalah dalang serangan pada November 2014 di masjid pusat Kano, yang menewaskan sedikitnya 120 orang.  (mu)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga