Senin pagi masih di sini bersama anak dan bercanda sambil bersenda gurau
Jakarta (ANTARA News) - Jenazah istri Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz, Asmaniah telah dibawa ke Bogor, Jawa Barat, untuk dishalatkan dan dikebumikan di Bogor.

Peti jenazah yang dibalut bendera merah putih dibawa menggunakan ambulans dari rumah duka di Jl Patra Kuningan XV, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa.

Hamzah Haz keluar mengiringi jenazah istrinya yang biasa disapa Nani dan bersama keluarganya mengantarkan jenazah menggunakan beberapa mobil dan bus.

Hamzah Haz mengaku tak menyangka bahwa istrinya meninggal dunia karena pada Senin malam (11/9) sempat bercanda dengan dirinya dan anak-anak.

"Senin pagi masih di sini bersama anak dan bercanda sambil bersenda gurau," kata Hamzah Haz.

Ia pun tidak merasakan firasat apa-apa dan istrinya pun terlihat tidur pulas. Namun, Selasa dinihari sekitar pukul 03.00 WIB ketika dirinya Shalat Tahajud istrinya pun masih dalam keadaan tidur.

"Usai Shalat, saya tidak mendengar suara mendengkur istri saya. Saya minta anak-anak untuk memeriksa kondisi ibunya. Ternyata, badannya sudah dingin. Jadi, saya tidak tahu persis kapan meninggalnya karena dalam keadaan tidur," kata Hamzah Haz.

Selama tiga bulan ini istrinya mendapatkan perawatan intensif karena sakit. Diduga, istrinya menderita kanker yang sulit terdeteksi.

Presiden Joko Widodo pun sempat mendatangi rumah duka untuk menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya istri Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz, Asmaniah.

Selain Jokowi, Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono juga melayat ke rumah duka di kediaman Hamzah Haz, Jalan Patra Kuningan XV, Jakarta. SBY didampingi istrinya, Ani Yudhoyono.

Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie juga datang untuk mengucapkan belasungkawa.

Rencananya, jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Yayasan Al Ikhlas, Cisarua, Bogor.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017