Kamis, 21 September 2017

Berita kemarin, soal diet keto dan Presiden bicara tentang agrobisnis

| 6.043 Views
Berita kemarin, soal diet keto dan Presiden bicara tentang agrobisnis
Ilustrasi (ANTARA News/Grafis)
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo berbicara soal agrobisnis untuk meningkatkan keuntungan petani, dan berita tentang diet keto yang tengah populer merupakan dua di antara sejumlah berita ANTARA News kemarin yang masih layak baca hari ini.

Berikut ini selengkapnya:

1. Presiden minta ubah paradigma soal keuntungan petani

Presiden Joko Widodo meminta agar ada perubahan paradigma terkait cara meningkatkan keuntungan bagi petani melalui proses agrobisnis.

"Kalau kita ingin memberikan keuntungan yang besar untuk petani, sekali lagi paradigma kita harus kita ubah, harus masuk ke sektor bisnisnya, sektor agrobisnisnya," kata Presiden Joko Widodo dalam pembukaan rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden Jakarta, Selasa.

Meski begitu, Presiden mengaku bahwa ia tidak menyepelekan sektor budidaya yang terkait dengan benih, pupuk hingga insektisida.

2. Indonesia kembali tekankan 4+1 pada Dubes Myanmar

Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi kembali menekankan kepada Duta Besar Myanmar Ei Ei Khin Ay akan pentingnya pemerintah Myanmar untuk melaksanakan usulan 4+1 dalam menyelesaikan konflik di Rakhine.

Formula 4+1 yang diusulkan Indonesia, yakni (1) mengembalikan stabilitas dan keamanan, (2) menahan diri secara maksimal dan tidak menggunakan kekerasan, (3) perlindungan kepada semua orang yang berada di Rakhine tanpa memandang suku dan agama, dan (4) pentingnya segera dibuka akses untuk bantuan kemanusiaan.

Elemen +1 yang diajukan Indonesia adalah pentingnya implementasi rekomendasi dari laporan Komisi Penasihat untuk Rakhine yang dipimpin mantan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan.

3. Mengenal diet keto yang sedang tren

Tren diet datang silih berganti, kali ini sedang populer istilah diet ketogenik atau diet keto yang mengurangi asupan karbohidrat, tapi menggantinya dengan asupan lemak lebih banyak.

Asal muasal?

Spesialis gizi klinik Dr. Samuel Oetoro mengatakan diet keto awalnya diterapkan untuk penderita epilepsi. Karbohidrat dikurangi bagi penderita epilepsi untuk mengurangi hantaran listrik di otak yang menyebabkan kejang-kejang.

Ketika karbohidrat dikurangi, hantaran listrik di otak menurun dan serangan kejang-kejang pun semakin jarang terjadi.

Pembatasan karbohidrat ini mulai dilirik jadi cara melangsingkan tubuh setelah terlihat ada penurunan berat badan pada orang-orang yang melakukan diet keto.

4. Bisakah Deni Rono penusuk pencuri dikenakan pidana?

Deni Rono Dharana, guru bela diri Merpati Putih yang menusuk dan menewaskan pelaku perampokan di rumahnya tidak bisa dikenakan pasal pidana, demikian Akademikus Hukum Pidana Universitas Bung Karno, Azmi Syahputra.

"Pasal 49 KUHP menyebutkan orang yang melakukan pembelaan darurat tidak dapat dihukum. Pasal ini mengatur alasan penghapus pidana yaitu alasan pembenar karena perbuatan pembelaan darurat. Ini dapat dijadikan alasan penghapus pidana," katanya kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Ia menambahkan, semuanya tergantung dari hasil penyelidikan jika memang penyidik menemukan fakta-fakta pembelaan diri yang darurat maka demi hukum tidak dapat dihukum.

5. Sandiaga Uno bicara RS seharusnya tak semata cari keuntungan

Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno mengatakan rumah sakit sebagai penyelenggara fasilitas kesehatan bukan hanya untuk mencari keuntungan atau profit oriented, tapi ada nilai kemanusiaan terutama untuk situasi darurat.

"Harus ada sebuah instruksi yang jelas untuk penyelenggara fasilitas kesehatan yang sangat mendasar untuk kemanusiaan agar segera ditolong, apalagi berbicara nyawa," kata Sandiaga.


Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar Pembaca
Baca Juga