Rabu, 27 September 2017

Kebakaran hutan landa Kanada barat, ratusan orang mengungsi

| 7.448 Views
Ottawa, Kanada (ANTARA News) - Kebakaran hutan tak terkendali terjadi di Provinsi Alberta di Kanada Barat, menyebabkan ratusan orang mengungsi, demikian laporan CTV pada Selasa (12/9).

Kebakaran hutan tersebut melahap tak kurang dari 20.000 hektare lahan pada malam hari di bagian barat-daya Alberta. Api berkobar di Taman Nasional Danau Waterston dan mencapai pinggir kota, tapi kebanyakan bangunan tampak masih utuh.

Gerakan si jago merah yang cepat dan tak terduga pada malam hari memaksa ratusan orang di permukiman yang berdekatan menyelamatkan diri sementara pemerintah lokal mengeluarkan instruksi pengungsian.

Sebanyak 200 petugas pemadam telah berjuang melawan api di Waterton selama berhari-hari, demikian laporan Xinhua. Api mulai menyala hampir dua pekan lalu, setelah sambaran petir di Lembaga Flathead tepat di seberang perbatasan Provinsi British Colombia.

Namun, angin kencang membuat api berkobar tak terkendali selama beberapa jam pada Senin malam (12/9) dan pada Selasa pagi.

Dinas Darurat Alberta mengeluarkan instruksi pengungsian wajib pada Senin larut malam buat warga Kota Praja Pincher Creek No.9, tepat di sebelah utara taman nasional.

Wilayah Cardston, yang berdekatan, mengumumkan keadaan darurat dan memberitahu warga agar pergi ke pusat masyarakat di Kota Kecil Cardston.

Taman Nasional Kanada mengatakan hingga Senin sore, kebakaran hutan melahap lahan seluas 114 kilometer persegi.
(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga