Rabu, 27 September 2017

Perempuan menopause juga perlu rutin periksa payudara

| 3.883 Views
Perempuan menopause juga perlu rutin periksa payudara
Pendiri Lovepink Shanti Persada mencontohkan cara memeriksa payudara sendiri dalam sebuah acara di Jakarta, Selasa (11/7). (ANTARA News/ Lia Wanadriani Santosa)
Jakarta (ANTARA News) - Para perempuan yang sudah menopause tetap perlu memeriksa payudaranya sendiri (SADARI) dan klinis (SADANIS) secara rutin agar kanker payudara terdeteksi dini. 

"Memang resiko lebih rendah dari perempuan pre menopause. Tetapi perempuan menopause dan laki-laki juga perlu melakukan SADARI dan SADANIS," ujar spesialis onkologi dr. Ralph Girson Gunarsa di Jakarta, Kamis.  

Bila perempuan yang belum menopause sebaiknya melakukan pemeriksaan payudara 7- 8 hari setelah menstruasi, maka mereka yang telah menopause bisa melakukannya kapan saja setiap bulan. 

Cara melakukan SADARI pertama-tama, bukalah pakaian, berdiri di depan cermin lalu lakukan gerakan seperti di dalam video berikut:

Jangan lupa lakukan pemeriksaan di setiap jengkal payudara kanan dan kiri. Selain itu, membungkuklah, lalu lihatlah apakah ada perbedaan pada payudara kanan dan kiri. 

Sejumlah ciri yang bisa menjadi risiko kanker payudara antara lain, keluarnya cairan dari payudara, kulit payudara terkadang mengelupas, ada benjolan di payudara dan muncul rasa sakit. 

"Nyeri kadang-kadang bukan sesuatu yang spesifik, sebaiknya periksakan juga ke dokter," kata Ralph. 

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga