Sabtu, 23 September 2017

Marini Zumarnis akui sering lupa lakukan SADARI

| 6.427 Views
Marini Zumarnis akui sering lupa lakukan SADARI
Aktris Marini Zumarnis (kanan) bersama Dian Nitami dalam sebuah acara bertema kanker payudara di Jakarta, Kamis (14/9). (ANTARA News/ Lia Wanadriani Santosa)
Jakarta (ANTARA News) - Aktris Marini Zumarnis mengaku seringkali lupa melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) karena kesibukan yang begitu menyita waktunya. 

"Kegiatan belakangan ini banyak stripping sinetron, kadang lupa apa yang seharusnya kita lakukan (SADARI). Jujur, kadang saya juga lupa," ujar dia di Jakarta, Kamis. 

Padahal, sambung Marini, melakukan pemeriksaan dini termasuk mamografi dan USG bisa memperbesar peluang hidup seseorang karena penanganan bisa dilakukan lebih cepat. 

"Karena merasa sehat jadi lupa untuk peduli melakukan mamografi, USG, SADARI, karena kalau masih stadiumnya masih dini, bisa disembuhkan total," tutur dia. 

Ahli kesehatan mengajurkan para kaum hawa melakukan SADARI sejak menstruasi dan dilakukan rutin sebulan satu hingga tiga kali,  caranya: 

1. Berdiri tegak di depan cermin dalam kondisi tak berpakaian. Angkat lengan kanan ke atas dan tekuk siku sehingga tangan kanan memegang leher bagian belakang. 

2. Gunakan tiga ujung jari tangan kiri, raba dan tekan area payudara. Cermati seluruh bagian payudara kanan hingga area ketiak. 

3. Lakukan gerakan menekan dan meraba dengan cara membuat lingkaran-lingkaran kecil dengan arah naik turun. 

4. Lakukan gerakan membentuk lingkaran-lingkaran kecil dari bagian luar ke dalam payudara. 

5. Lakukan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kiri. 

6. Pencet kedua puting satu per satu. Puting kanan dengan telunjuk dan ibu jari kiri, begitu juga sebaliknya. 

7. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Konsultasikan dengan dokter bila terdapat cairan yang keluar dari puting. 

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga