Jakarta (ANTARA News) - Standar Nasional Indonesia untuk produk cat diupayakan agar produk cat yang beredar di Indonesia dapat ramah lingkungan, demikian disampaikan Dirjen Industri Kimia Tekstil dan Aneka Kementerian Perindustrian, Achmad Dwiwahjono.

“Pemerintah melalui SNI cat, berupaya agar cat yang diproduksi di dalam negeri ramah lingkungan dan seluruh cat yang beredar di Indonesia sesuai dengan SNI, terutama teknologi water base (pelarut air) dan solvent based (berpelarut tiner),” kata dia, kepada ANTARA News, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, produk industri cat berperan penting, yang salah satu fungsinya adalah pelindung terhadap gesekan, kehausan atau korosi dan memperbaiki estetika melalui warna.

“Tentunya sangat mempunyai peranan penting dalam mendukung industri lainnya, di antaranya industri furnitur, industri mainan anak dari kayu dan industri kreatif lainnya, serta juga mendukung pembangunan perumahan dalam negeri,” katanya.

Menurut dia, prospek industri cat di dalam negeri masih cukup cerah seiring gencarnya pembangunan properti yang didorong pemerintah. 

Pewarta: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017