Tokyo (ANTARA News) - Perdana Menteri Shinzo Abe pada Jumat mengatakan bahwa Jepang tidak akan pernah menoleransi apa yang dia sebut sebagai "tindakan provokatif berbahaya Korea Utara yang mengancam perdamaian dunia" menyusul peluncuran rudal yang melintasi wilayah udara negaranya.

"Kami tidak bisa menoleransi Korea Utara menginjak-injak tekad teguh masyarakat internasional dalam mewujudkan perdamaian yang ditunjukkan dalam serangkaian resolusi PBB dan kembali melakukan tindakan memalukan ini," kata Abe kepada para reporter.

"Jika Korea Utara terus berjalan di jalur ini, mereka tidak memiliki masa depan gemilang. Kita harus membuat Korea Utara memahami ini," katanya sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Warga Jepang pada Jumat dini hari dikejutkan oleh peringatan yang menyebutkan bahwa Korea Utara menembakkan rudal yang melintasi Pulau Hokkaido, Jepang utara. Peluncuran tersebut merupakan uji coba rudal kedua dalam kurun waktu kurang dari sebulan.

Abe meminta sidang darurat Dewan Keamanan PBB dan menekankan: "Sekarang merupakan saatnya bagi masyarakat internasional untuk bersatu."(ab/)

(BACA: Korut lagi-lagi tembakkan rudal, rakyat Jepang marah besar)


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017