... tetapi pemerintah tetap selektif dengan mempertimbangkan banyak hal termasuk ada Pilkada serentak di sejumlah provinsi, kabupaten, kota hingga ada pemilihan presiden...
Medan (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengungkapkan usulan pembentukan provinsi, kabupaten dan kota baru tetap banyak. Hingga Juli 2017 usulan itu mencapai 246 daerah.

"Meski bertambah banyak, tetapi pemerintah tetap selektif dengan mempertimbangkan banyak hal termasuk ada Pilkada serentak di sejumlah provinsi, kabupaten, kota hingga ada pemilihan presiden," ujarnya, di Medan, Jumat.

Jumlah itu dia rinci, yaitu 158, yang terdiri dari 24 untuk provinsi, 116 kabupaten dan 18 kota. "Aspirasi yang masuk melalui DPR/DPD lebih dari 314 daerah," ujarnya.

Pemerintah, kata dia, mengaitkan kenyataan itu dengan perkembangan situasi dalam negeri, terkhusus penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018, Pemilu Legislatif 2018, dan Pemilu Presiden 2019.

Pada 2018, ada penyelenggaraan 171 pilkada yakni 17 provinsi, 115 kabupaten dan 39 kota.

"Pemerintah menginginkan Pilkada sukses sehingga segala ancaman hambatan atau gangguan termasuk dari terbentuknya daerah baru harus diantisipasi," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017