Beograd (ANTARA News) - Serbia memberikan kewarganegaraan kepada aktor dan sutradara Inggris Ralph Fiennes atas karyanya, yang memromosikan negara dan budaya negara tersebut, kata catatan resmi pada Jumat.

Fiennes adalah yang terakhir dari sejumlah pesohor, termasuk aktor Hollywood Steven Segal, penari balet Sergei Polunin dan beberapa pemain sepak bola dan bola basket, yang diberi kewarganegaraan dalam beberapa tahun belakangan.

Menurut catatan resmi, yang dilansir media resmi Serbia, Perdana Menteri Ana Brnabic menandatangani keputusan tentang kewarganegaraan Fiennes pada 7 September.

Secara undang-undang, orang asing dapat diberikan kewarganegaraan Serbia oleh pemerintah tanpa diminta untuk tinggal di sana atau melepaskan kewarganegaraan mereka sebelumnya.

"Melalui kegiatan artistik dan aktivitas bisnisnya, dia (Fiennes) tanpa pamrih mempromosikan Serbia ... kapasitas produksi film, juga orang-orangnya, baik sebagai profesional maupun sebagai teman," demikian surat kabar "Politika" mengutip keterangan Brnabic.

Baik Fiennes, yang saat ini berada di Beograd untuk pengambilan gambar film tentang penari balet Soviet Rudolf Nureyev, atau stafnya tidak dapat dihubungi untuk memberikan tanggapan.

Fiennes, yang dinominasikan untuk Academy Awards atas perannya dalam "The English Patient" dan "Schindlers List", membuat debut sutradaranya di Serbia pada 2010 dengan sebuah adaptasi dari karya William Shakespeare yakni Coriolanus.

Pada awal tahun ini, Fiennes juga hadir dalam acara pelantikan Presiden Serbia Aleksandar Vucic. Demikian laporan Reuters.

(Uu.KR-DVI/B002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017