Bekasi, Jawa Tengah (ANTARA News) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bekasi akan membangun dua jalan layang untuk koridor truk angkut sampah DKI Jakarta menuju Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Bantargebang.

"Titiknya berlokasi di Rawapanjang Kecamatan Bekasi Timur dan di Jalan Cipendawa Kecamatan Rawalumbu," kata Kepada Dinas PUPR Kota Bekasi Tri Adhiyanto di Bekasi, Minggu.

Ia menjelaskan Pemerintah Kota Bekasi dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah sepakat untuk membangun kedua infrastruktur jalan itu pada 2017.

Jembatan Layang Rawapanjang rencananya membentang dari Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, dan melintasi Jalan Raya Siliwangi menuju Bantargebang.

"Kendaraan dari arah Jalan Ahmad Yani akan terus melaju melintasi Pekayon dan turun di Jalan Siliwangi," katanya.

Sedangkan Jembatan Layang Cipendawa akan membentang dari arah Jatiasih dan menikung ke Jalan Raya Siliwangi menuju Bantargebang.

Kendaraan truk sampah dari Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) bisa langsung naik ke jalan layang dan keluar di Jalan Siliwangi sehingga tidak menganggu lalu lintas dan polusi bau sampah di kawasan Jatiasih.

Tri mengatakan pada tahap awal Pemerintah Kota Bekasi telah menganggarkan dana Rp200 miliar untuk kegiatan tersebut.

"Proyek ini akan didanai oleh Pemkot Bekasi dan DKI Jakarta. Saat ini kami baru mengalokasikan Rp200 miliar, sisanya masih menunggu bantuan dari DKI," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017