... Tim Merah-Putih semakin tidak kokoh dengan gol ketiga pada menit ke-35 oleh serangan kompak trio Rafli, Witan, dan Egy mengobrak-abrik jantung pertahanan tuan rumah...
Jakarta (ANTARA News) - Tim sepak bola nasional Indonesia U-19 mampu menggebrak dan mengungguli tim tuan rumah, Myanmar, 3-0 pada babak pertama pertandingan perebutan tempat ketiga Piala AFF U-18 2017 yang berlangsung di Stadion Thuwanna, Yangon, Myanmar, Minggu.

Tiga gol tim Garuda muda Indonesia, yang dipantau dari situs resmi PSSI, di Jakarta, masing-masing dipersembahkan Muhammad Rafli Mursalim, Witan Sulaeman, dan Egy Maulana Vikri.

Egy yang meraih bola dari lini tengah terus menggiring serangan dari sisi kanan depan yang lantas diarahkan ke Rafli pada menit ke-14.

Myanmar yang kecolongan 0-1 berusaha membuka peluang pada menit ke-19 oleh Lwin Moe Aung. Tapi, kiper Merah-Putih, Muhamad Savik, sukses menahan bola yang ditembakkan lurus ke arah gawangnya itu.

Ketika tim asuhan Indra Sjafri kembali menyerang dan membawa peluang kedua pada menit ke-24, bola Rafli masih gagal disambut sempurna oleh Egy dan bola hanya menjauh dari gawang Htet Wai Yan Soe.

Indonesia mendapatkan momentum pada menit ke-28, saat pemain asal Palu, Witan Sulaeman, manis menggocek bola secara individu dan berhadapan langsung dengan Htet.

Bola Wita lolos dari kawalan lini belakang Myanmar dan tidak dapat ditahan Htet sehingga menambah kedudukan 2-0 untuk Indonesia.

Myanmar mendapatkan lagi kesempatan emas pada menit ke-31 dari tendangan bebas. Hanya saja, bola mati itu melenceng jauh dari gawang Aqil Savik.

Tim Merah-Putih semakin tidak kokoh dengan gol ketiga pada menit ke-35 oleh serangan kompak trio Rafli, Witan, dan Egy mengobrak-abrik jantung pertahanan tuan rumah.

Gol ketiga itu adalah gol sundulan Egy yang meraih umpan dari Witan setelah mendapatkan bola dari Rafli di sisi kiri.

Indonesia sempat hampir kecolongan bola saat Aqil Savik lengah memberikan bola ke lini belakang dan direbut secara tiba-tiba oleh penyerang Myanmar.

Dua menit tambahan waktu pada babak pertama belum mengubah kedudukan 3-0 Indonesia atas Myanmar meskipun pelatih Indra Sjafri mengganti Nurhidayat Haji Haris oleh Kadek Raditya Maheswara pada menit ke-41. 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017