Jakarta (ANTARA News) - Borussia Dortmund untuk sementara naik ke puncak klasemen Liga Jerman seusai memetik kemenangan dengan skor telak 5-0 atas FC Cologne pada pertandingan pekan keempat Liga Jerman di Signal Iduna Park, Minggu.

Dortmund yang dilatih Peter Bosz mengumpulkan 10 poin dari empat laga, atau unggul selisih gol dari Hannover yang duduk diurutan kedua dengan poin sama. Adapun Bayern Muenchen di posisi ketiga dengan raihan sembilan poin.

Pada laga ini, penyerang Dortmund yang pernah diincar Real Madrid, Pierre-Emerick Aubameyang, mencetak dua gol pada babak kedua. Sedangkan tiga gol lainnya dicetak Maximilian Philipp (dua gol) dan satu gol Sokratis Papastathopoulos.

Dortmund memimpin 1-0 berkat tandukan Maximilian Philipp yang meneruskan umpan silang Andriy Yarmolenko setelah melewati beberapa pemain Cologne, saat laga baru berumur dua menit.

Sebelum turun minum, skor berubah menjadi 2-0 saat Sokratis Papastathopoulos menjebol gawang Cologne memanfaatkan lengahnya barisan pertahanan tim tamu.

Pierre-Emerick Aubameyang menambah keunggulan Dortmund menjadi 3-0 melalui eksekusi sepakan penalti menyusul pelanggaran hand ball  Lukas Kluenter pada menit 59.

Hanya berselang satu menit, Aubameyang mencetak gol keduanya sekaligus mengantar Dortmund unggul 4-0 setelah memaksimalkan umpan silang Lukasz Piszczek.

Umpan terarah Mahmoud Dahoud ke kotak penalti berbuah gol Maximilian Philipp yang memastikan Dortmund menang dengan skor 5-0, demikian laporan pertandingan laman Livescore.

Susunan pemain:

Dortmund (4-3-3):
Burki, Piszczek, Papastathopoulos, Toprak, Zagadou, Castro, Sahin, Dahoud, Yarmolenko, Aubameyang, Philipp.

Cologne (4-1-4-1):
Horn, Klunter, Mere, Heintz, Horn, Lehmann, Risse, Hoger, Osako, Bittencourt, Cordoba.

Penerjemah: Alviansyah P
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017