Los Angeles (ANTARA News) - Acara penghargaan Emmy Award pada Minggu dibumbui lelucon politik dan pidato tajam, saat pembawa acara Stephen Colbert mentertawakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Sean Spicer membuat penampilan mengejutkan dan Trump meraih satu penghargaan.

Alec Baldwin, yang memenangi aktor pendukung komedi Emmy karena memparodikan Trump di serial sketsa NBC "Saturday Night Live", menerima penghargaannya di atas panggung dan berkata, "Saya rasa seharusnya saya berkata, akhirnya Tuan Presiden, inilah piala Emmy Anda."

Trump yang tidak memenangi Emmy selama membawakan acaranya "The Apprentice" dan "The Celebrity Apprentice" menjadi hal yang menyedihkan bagi seorang presiden saat ini, yang telah berkali-kali tidak menang di tahun-tahun sebelumnya.

Colbert membuka seremoni Emmy pada Minggu dengan membawakan musikal yang menyinggung perubahan iklim, media berita serta menampilkan Julia Louis-Dreyfus dengan tampilan seperti karakter presiden fiktifnya Selina Meyer dari "Veep," menyanyikan bait lagu "Bayangkan jika presiden Anda tidak dicintai oleh Nazi."

Colbert kemudian menertawakan Trump, memanggilnya sebagai "bintang TV terbesar tahun lalu," dan mengkritik akademi televisi karena sebelumnya tidak memberikan Trump penghargaan Emmy.

"Mengapa Anda tidak memberinya Emmy? Jika ia memenangkan Emmy, saya yakin ia tak akan mencalonkan diri sebagai presiden," sindir Colbert.

Banyak bintang saat berada di panggung Emmy juga meleparkan lelucon mereka yang menyinggung Presiden Trump.

Donald Glover, yang memenangi dua Emmy termasuk aktor komedi terbaik untuk acara di saluran FX "Atlanta," melontarkan candaannya di atas panggung.

"Saya ingin berterima kasih kepada Trump karena membuat orang kulit hitam nomor satu masuk dalam daftar masyarakat paling tertindas, saya rasa itulah alasan saya berada di sini," kata dia menyindir.

Mantan juru bicara Gedung Putih Spicer berjalan ke panggung Emmy dengan podiumnya dan memukau para penonton, termasuk Melissa McCarthy, yang memenangi Emmy sebagai aktris tamu terbaik karena telah memparodikan Spicer di acara "Saturday Night Live."

"Ini akan menjadi penonton terbesar yang menyaksikan Emmy, baik secara pribadi maupun di seluruh dunia," kata Spicer sambil menunjuk Colbert.

"Wow, itu benar-benar menenangkan ego saya yang rapuh," ujar Colber dengan candaan garingnya, sebelum menunjuk Spicer dan berkata, "Para pemirsa, Melissa McCarthy menyerah," sementara Spicer tertawa dan menggelengkan kepalanya.

(Baca juga: Daftar pemenang Emmy 2017)

Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017