Jakarta (ANTARA News) - Tim sepak bola nasional Indonesia U-16 berhasil menekuk tim Timor-Leste dalam laga penyisihan grup G pertandingan kualifikasi Piala AFC U-16 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Senin.

Kemenangan tim Garuda muda, seperti dipantau Antara dari situs resmi Persataun Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jakarta, dipersembahkan oleh trigol Sutan Diego Armandoondriano Zico pada babak kedua.

Tim Merah-Putih telah menggetarkan gawang kiper Timor Junildo Manuel Pereira pada menit ke-8. Tapi, gol Amiruddin Bagus Alfikri itu dinyatakan tidak sah setelah hakim garis memutuskan Bagus terperangkap offside.

Tim asuhan Fakhri Husaini itu juga punya peluang setelah terjadi kemelut di depan gawang tim berjuluk O Sol Nascente itu pada menit ke-16.

Namun, tim Timor yang terkenal dengan serangan balik itu justru mencetak gol mereka pada menit ke-18 oleh Paulo Domingos Freitas. Kedudukan pun menjadi 1-0 untuk Timor.

Bagus kembali menggedor gawang Pereira pada menit ke-45, tapi hakim garis kembali memutuskan Bagus telah melewati lini pertahanan lawan tanpa bola alias offside.

Pelatih Fachri pun lantas mengganti Bagus Alfikri dengan Sutan Zico pada babak kedua. Pergantian itu pun menjadi keputusan cermat karena Zico langsung mengancam lini belakang Timor pada menit ke-46.

Peluang Indonesia untuk mengobrak-abrik pertahanan Timor-Leste semakin terbuka lebar setelah wasit asal Australia Robert Evans mengeluarkan kartu merah untuk Paulo Domingos Freitas sang pencetak gol tunggal untuk Timor.

Momentum pertama tim Garuda muda untuk menyamakan kedudukan 1-1 tercipta pada menit ke-60 oleh Sutan Zico.

Sutan kembali menciptakan gol kedua sekaligus mengungguli tim lawan di Thailand pada menit ke-63.

Zico pun masih produktif menyumbang gol ketiga untuk dominasi Merah-Putih atas Timor menjelang satu menit waktu normal berakhirnya babak kedua.

Sebelumnya, tim Timor hampir mengurangi poin kekalahan tapi, serangan lini depan mereka dinyatakan offside pada menit ke-73.

Kemenangan atas Timor-Leste itu menambah poin tim Indonesia dalam laga penyisihan grup G menjadi enam setelah mengantongi dua kemenangan. Indonesia juga masih menempati urutan pertama grup yang juga diisi tim Timor-Leste, Thailand, Laos, dan Kepulauan Mariana Utara.

Sebelumnya pada pertandingan perdana grup G, Sabtu (16/9), tim sepak bola nasional Indonesia U-16 meraih kemenangan besar 18-0 atas tim Kepulauan Mariana Utara.

(T.I026/I007)

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017