Magelang (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan operasional balai ekonomi desa (Balkondes) di sekitar Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah membutuhkan kesiapan masyarakat setempat.

"Secara fisik enam hingga tujuh bulan ke depan pembangunan balkondes secara keseluruhan sudah selesai, namun yang masih kami khawatirkan kesiapan dari masyarakat setempat untuk pengelolaannya," katanya di Magelang, Senin.

Ia mengatakan hal tersebut usai mendampingi Presiden RI Joko Widodo meninjau Balkondes Tuksongo dan Balkondes Wringin Putih di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Ia menuturkan kalau bangunan fisik memang lebih cepat selesai, tetapi yang lebih utama bagaimana mempersiapkan masyakatnya untuk diberi pelatihan agar bisa menyajikan kuliner yang baik, memberikan pelayanan yang bagus, makanya balkondes juga dibangun bertahap untuk menyiapkan masyarakat di desa tersebuat agar membiasakan diri untuk mengelola homestay yang baik.

Ia mengatakan persiapkan terus dilakukan, target "homestay" di daerah balkondes nanti total minimal ada 200 kamar.

"Yang kami persiapkan masyarakatnya supaya pengelolaannya dari masyarakat itu sendiri, hal ini penting karena tujuan balkondes dan homestay adalah bagaimana menyejahterakan masyarakat di desa tersebut," ucapnya.

Oleh karena itu, katanya pihaknya ingin membantu masyarakat dengan berbagai keahlian, terutama kuliner supaya bisa menyajikan makanan yang menarik, kemudian tentunya kebersihan.

Ia menyebutkan sekarang dari total homestay yang ada baru terdapat 50 kamar di lima balkondes.

Menurut dia selama ini kesiapan masyarakat bagus, terutama semangatnya bahwa mereka mau belajar, mereka menyadari ada hal-hal yang harus diperbaiki, mereka perlu menyiapkan diri.

"Semangat mereka sangat tinggi. Hal itu juga yang membuat kami di BUMN dengan senang hati untuk membantu masyarakat," tuturnya.

Ia menilai Balkondes Wringin Putih paling siap dengan homestaynya, kemudian balkondes yang homestaynya baru mau dibangun yaitu Wanurejo.

"Wisatawan sudah banyak yang datang ke Balkondes Wanurejo, tempatnya sangat menarik karena ada sunset dan kulinernya sudah siap. Beraneka ragam kulinernya sangat menarik. Balkondes Karangrejo juga bagus dan sudah siap," ujarnya.

Kemudian Balkondes Tuksongo masih butuh waktu untuk operasional penuh, mungkin enam minggu lagi.

Ia mengatakan di Desa Wringin Putih tanaman bambu menjadi ciri khas desa, maka dalam pembangunan balkondes semua didasari dengan bambu, sehingga berbeda dengan balkondes lainnya.

(U.H018/C004)

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017