Sabtu, 21 Oktober 2017

Menteri BUMN minta kapasitas bandara Lombok-Kualanamu ditingkatkan

| 3.188 Views
Menteri BUMN minta kapasitas bandara Lombok-Kualanamu ditingkatkan
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) melihat-lihat berbagai hasil kerajinan cenderamata Balkondes (Balai Ekonomi Desa) Omah Guyub binaan PT Pertamina (Persero) di Desa Wringin Putih, Borobudur, Magelang, Jateng, Senin (18/9/2017). (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)
Magelang (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini Soemarno menginstruksikan PT Angkasa Pura 1 dan PT Angkasa Pura 2 untuk mengembangkan pelayanan bandara Lombok dan Kualanamu dengan menggandeng mitra yang berpengalaman mengelola bandara berskala internasional.

"Pengembangan pelayanan di kedua bandara berskala internasional itu harus diperbaiki agar dapat meningkatkan kapasitas jumlah penumpang bandara itu," kata Rini, usai mendampingi Presiden Joko Widodo saat meninjau Balkondes Tuksongo Telkom di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin.

Menurut Rini, pembahasan pencarian mitra untuk mengembangkan potensi Bandara Lombok dan Kualanamu sedang dilakukan.

"Tujuannya bukan hanya untuk investasi pengembangannya, tapi bagaimana kita bisa melipatgandakan jumlah penumpang," ujarnya.

Ia menambahkan, kedua pengelola bandara tersebut harus mampu menarik lebih banyak airlines agar mau mendarat di Bandara Lombok dan Bandara Kualanamu.

Namun, kata Rini, sejalan dengan pencarian mitra pengembangan bandara, AP 1 dan AP 2 juga harus melakukan penyesuaian dengan peraturan-peraturan Kementerian Perhubungan terkait pengelolaan bandara.

"Dalam pencarian mitra intinya, harus melibatkan swasta yang memiliki kemampuan pendanaan, termasuk yang memiliki jaringan langsung dengan maskapai penerbangan asing yang bersedia mendarat di bandara Lombok dan Kualanamu," ujar Rini. 

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga