Magelang (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini Soemarno menginstruksikan PT Angkasa Pura 1 dan PT Angkasa Pura 2 untuk mengembangkan pelayanan bandara Lombok dan Kualanamu dengan menggandeng mitra yang berpengalaman mengelola bandara berskala internasional.

"Pengembangan pelayanan di kedua bandara berskala internasional itu harus diperbaiki agar dapat meningkatkan kapasitas jumlah penumpang bandara itu," kata Rini, usai mendampingi Presiden Joko Widodo saat meninjau Balkondes Tuksongo Telkom di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin.

Menurut Rini, pembahasan pencarian mitra untuk mengembangkan potensi Bandara Lombok dan Kualanamu sedang dilakukan.

"Tujuannya bukan hanya untuk investasi pengembangannya, tapi bagaimana kita bisa melipatgandakan jumlah penumpang," ujarnya.

Ia menambahkan, kedua pengelola bandara tersebut harus mampu menarik lebih banyak airlines agar mau mendarat di Bandara Lombok dan Bandara Kualanamu.

Namun, kata Rini, sejalan dengan pencarian mitra pengembangan bandara, AP 1 dan AP 2 juga harus melakukan penyesuaian dengan peraturan-peraturan Kementerian Perhubungan terkait pengelolaan bandara.

"Dalam pencarian mitra intinya, harus melibatkan swasta yang memiliki kemampuan pendanaan, termasuk yang memiliki jaringan langsung dengan maskapai penerbangan asing yang bersedia mendarat di bandara Lombok dan Kualanamu," ujar Rini. 

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017