Jakarta (ANTARA News) - Mengonsumsi es krim tak lama setelah bangun tidur bisa meningkatkan kewaspadaan dan bagus untuk performa mental terutama pada anak, menurut sebuah studi dari Kyorin University, Jepang. 

Dalam studi itu professor Yoshihiko Koga, membandingkan aktivitas otak orang yang telah diberi makan es krim segera setelah terbangun dan mereka yang tidak. 

Koga menemukan, para partisipn studi yang mengonsumsi es krim saat sarapan lebih cepat dan memproses informasi daripada mereka yang tidak.

Untuk aktivitas otak mereka yang mengonsumsi es krim kala pagi, terjadi peningkatan gelombang alpha frekuensi tinggi. Gelombang ini berhubungan dengan tingkat kewaspadaan mental yang lebih tinggi. 

Selain es krim, para partisipan studi juga diberi air dingin sesat setelah bangun tidur. Hasilnya, kewaspadaan dan kapasitas mereka juga meningkat, namun tak setinggi saat mereka diberi es krim. 

Koga saat ini mencari tahu lebih lanjut apakah es krim juga bisa membuat seseorang bahagia, memicu emosi positif dan meningkatkan tingkat energi.  Demikian seperti dilansir laman Indian Express.

(Baca juga: Puluhan pelajar SD Sambas keracunan usai santap es krim)

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017