Jakarta (ANTARA News) - Tokoh pemuda Aceh Kamaruddin datang ke kantor DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR di Jakarta, Selasa (19/9).

Kamaruddin yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Aceh itu menyatakan sudah mantap menjadi caleg PSI, karena untuk memperbaiki negara harus masuk ke sistem dan parlemen, dan itu harus melalui partai politik.

"Saya berniat maju ke DPR RI dari Dapil Aceh 2 untuk membangun sumber daya manusia Aceh, menggenjot pertumbuhan ekonomi, dan berusaha membangun kembali peradaban Aceh yang pernah luluh-lantak karena konflik dan tsunami," ujar Kamaruddin dalam keterangan persnya.

Senada dengan itu, tokoh senior Aceh, Teuku Kamaruzzaman mengenal Kamaruddin sejak masih sebagai aktivis mahasiswa di UGM.

"Integritas beliau dari dulu sampai sekarang tak perlu diragukan lagi. Perlu wakil Aceh yang progresif di masa depan seperti Kamaruddin," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum PSI Grace Natalie dalam sambutannya mengatakan bahwa di Aceh sudah banyak yang mengenal sepak terjang Kamaruddin.

"Kamaruddin adalah aktivis HAM Aceh, membela berbagai kasus hukum dan kemanusiaan rakyat Aceh dan juga aktivis lingkungan hidup di Aceh, hari ini mengambil keputusan untuk membangun Aceh," kata Grace.

Grace menambahkan, dengan segala keistmewaan Aceh dan kekhususannya, pihaknya  harus melakukan sesuatu secara optimal untuk kesejahteraan rakyat Aceh.

"Dengan hadirnya Bro Kamaruddin, seorang caleg yang baik, semoga Aceh bisa maju pesat dan perkembangannya signifikan. Kelak ada wakil rakyat Aceh yang bisa mengawal kekhususan dan keistimewaan Aceh, yaitu Bro Kamaruddin. Selamat berjuang," ungkap Grace.

Kamaruddin dilahirkan di Aceh Tamiang, pada 14 Februari 1977, menyelesaikan pendidikan formalnya dari mulai tingkat dasar hingga menengah atas di Aceh Timur. Ia dinyatakan lulus dan mendapat predikat sarjana hukum FH-UGM Yogyakarta pada 2004.

Dua tahun yang lalu, ia terjun ke dunia politik praktis. Ia menjadi anggota dan kemudian diangkat menjadi Ketua DPW PSI Aceh. Ia juga salah satu orang penting di Lembaga Bantuan Hukum PSI yang diberi nama Jangkar Solidaritas PSI.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017