Jakarta (ANTARA News) - PT Jasa Utama Capital Sekuritas akan menangani penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) dua perusahaan kategori usaha kecil dan menengah (UKM).

Direktur Utama Jasa Utama Capital Sekuritas Deddy Suganda Widjaja di Jakarta, Selasa mengatakan kedua perusahaan itu yakni PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi dan PT Trimuda Nuansa Citra.

"Mereka bakal menerbitkan sekitar 40 persen saham," paparnya.

Ia mengemukakan bahwa Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi merupakan anak usaha Kospin Jasa yang berbasis di Pekalongan. Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi itu menargetkan perolehan dana dari "initial public offering" (IPO) sebesar Rp50-Rp60 miliar.

Deddy Suganda Widjaja juga mengemukakan bahwa satu perusahaan lainnya, yakni PT Trimuda Nuansa Citra yang merupakan perusahaan courier dan cargo yang berbasis di Jakarta. Target dana yang dibidik melalui IPO sekitar Rp20-Rp30 miliar.

Ia menambahkan bahwa dalam menjalankan bisnisnya perusahaan bekerja sama dengan Garuda Indonesia untuk jasa layanan pengiriman udara. Merek perusahaan dalam menjalankan bisnis logistiknya adalah Garuda Express Delivery (GED).

Tahun 2018 mendatang, Deddy Suganda Widjaja mengatakan bahwa pihaknya juga telah memperoleh mandat lisan dari perusahaan properti asal Malang, Jawa Timur yang merencanakan untuk melaksanakan IPO.

Ia menyampaikan bahwa Jasa Utama Capital berkomitmen membantu UKM untuk meraih pendanaan melalui pasar modal dengan mencatatkan sahamnya di BEI, mengingat animo perusahaan kategori UKM yang ingin listing di BEI cukup besar.

"Tetapi kita selektif, hanya menangani perusahaan yang benar-benar siap IPO," katanya.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017