Jakarta (ANTARA News) - Indonesia meraih medali emas pertama di Kejuaraan Panjat Tebing Asia, Asian Continental Championship 2017, lewat Puji Lestari di nomor speed perorangan putri yang berlangsung di Teheran, Iran, Selasa (19/9).

Seturut keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu, Puji sukses memenangi duel menghadapi wakil China, Yi Ling Song, di partai final dengan membukukan catatan waktu 8,21 detik atau unggul tipis 0,1 detik dari lawannya tersebut.

Sementara atlet Indonesia lainnya, Aries Susanti Rahayu, meraih medali perunggu dari nomor yang sama setelah mengalahkan kompatriotnya, Santi Wellyanti, dalam perebutan tempat ketiga.

Indonesia juga meraih satu medali perunggu lain dari Aspar Jailolo di nomor speed perorangan putra, yang berhasil mengalahkan atlet tuan rumah, Ehsan Asrar, dalam perebutan tempat ketiga dengan catatan waktu 6,00 detik atau unggul 0,04 detik dibanding sang lawan.

Sedangkan medali emas nomor tersebut dikuasai oleh atlet tuan rumah lainnya, Reza Alipourshena, yang juga pemegang rekor dunia dengan menumbangkan wakil China, Qixin Zhong, di partai final.

"Keberhasilan Puji sesuai dengan target kita meraih emas dari nomor perseorangan putri. Ini emas pertamanya di Kejuaraan Asia untuk nomor perseorangan," kata Manajer Tim Nasional Panjat Tebing Asian Games yang juga Wakil Ketua II Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia, Pristiawan Buntoro.

Bahkan, Indonesia sempat mengharapkan terjadi All-Indonesian Final di nomor perseorangan putri antara Puji menghadapi Aries, mengingat Aries dalam sejumlah sesi latihan berhasil menyamai catatan waktu rekor dunia.

"Tapi meraih perunggu bagi Aries sudah cukup oke," kata Pristiawan.

Indonesia masih berpeluang untuk meraih medali emas dari nomor speed estafet putra dan speed estafet putri yang babak finalnya bakal dipertandingkan pada Rabu malam setempat.

Dua tim di masing-masing nomor tersebut telah disiapkan Indonesia. Di nomor speed estafet putra terdapat Tim A berkomposisi Aspar Jaelolo, Sabri dan Rindi Sufriyanto serta Tim B diperkuat M. Hinayah, Pangeran Septowibowo Siburian dan Abu Dzar Yulianto.

Sedangkan Tim A nomor speed estafet putri dihuni Puji Lestari, Aries Susanti Rahayu dan Santy, serta Tim B berisikan Dorifatus, Santi Wellyanti dan Fitriyani.

Kejuaraan Asia tersebut dinilai cukup menjadi parameter Indonesia mengukur kekuatan menyambut Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017