Jakarta (ANTARA News) - Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil memastikan langkah ke putaran dua Jepang Terbuka 2017 setelah dalam pertandingan putaran pertama, Rabu, berhasil menumbangkan wakil Taiwan Lee Sheng Mu/Lin Chia Yu.

Laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mencatat di pertandingan yang dilangsungkan di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, tersebut, Fajar/Rian mampu membuat langkah Lee/Lin yang datang dari babak kualifikasi terhenti di putaran awal ini dengan kemenangan dalam pertarungan tiga gim selama 38 menit berkesudahan 13-21, 21-12, 21-17.

Pasangan Indonesia yang harus tertinggal dulu di gim pembuka, mengaku sempat kaget dengan tipe permainan lawan yang baru pertama kali mereka hadapi ini.

"Walau sudah mempelajari cara bermainnya, kami kurang antisipasi, karenanya kami sempat kaget karena tipe main mereka yang kencang dan powernya besar," kata Fajar dalam keterangannya.

Tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama, di gim kedua Fajar/Rian pun mengubah strateginya dengan tampil lebih banyak menyerang di lapangan yang berhasil membuat mereka bisa unggul dan mengulangi kesuksesannya lagi di game penentu.

"Ada motivasi lebih untuk main di sini. Kami tidak mau terulang kalah lagi. Di sini ada kesempatan untuk menang, jadi kami tidak mau kehilangan hal itu. Bukan berarti kami meremehkan lawan kali ini," ujar Fajar.

Di putaran dua, Fajar/Rian akan menghadapi wakil tuan rumah Takuto Inoue/Yuki Kaneko yang sebelumnya menumbangkan duet Hong Kong Or Chin Chung/Tang Chun Man 21-14, 21-10.

Pertandingan putaran dua itu sendiri akan menjadi pertemuan ketiga Fajar/Rian menghadapi Inoue/Kaneko. Dalam dua pertemuan sebelumnya, pasangan Indonesia selalu kalah dari duet Jepang, terakhir mereka berhadapan di Malaysia Masters 2017, saat itu Fajar/Rian kalah 21-10, 11-21, 17-21.

"Kami dua kali kalah ketemu wakil Jepang, harapan kami inginnya bisa membalas kekalahan, jangan sampai terlalu jauh head to head-nya. Selain itu kami juga ingin masuk ke putaran berikutnya," kata Fajar menambahkan.

Saat berita ini ditulis, wakil ganda putra Indonesia lainnya, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo juga berhasil memperoleh kemenangan dari wakil India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty 27-25, 21-15.

Sementara itu dua pasangan lainnya yaitu Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dan Berry Angriawan/Hardianto gagal melaju ke putaran dua.

Berry/Hardianto dikalahkan wakil China unggulan tujuh Liu Cheng/Zhang Nan dalam pertarungan tiga gim 15-21, 24-22, 21-13. Sementara Angga/Ricky mundur dari turnamen dan memuluskan wakil tuan rumah, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda ke putaran dua tanpa bersusah payah.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017