Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengajak Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Australia Steven Ciobo untuk makan siang di rumah makan seafood pinggir jalan Kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Mendag yang sebelumnya mengetahui bahwa Menteri Ciobo pernah menikmati makanan di warung tegal (Warteg), kemudian mengajak rombongan delegasi Menteri Ciobo ke restoran seafood yang juga pernah disinggahi Presiden Joko Widodo.

"Ini katanya Mr. Ciobo dulu pernah makan di warteg, tidak enak kan nanti tempatnya digrebek. Jadi saya ajak ke makanan seafood, dulu Presiden Jokowi pernah makan di restoran ini," kata Enggar di Restoran Seafood Wiro Sableng 212 Kelapa Gading, Jakarta, Rabu.

Meskipun di dalam restoran penuh dengan asap yang masuk dari area pembakaran makanan, kedua menteri tersebut terlihat menyantap makanan dengan lahap.

Menteri Ciobo pun menggunakan tangan untuk menikmati kepiting soka bakar. Meski begitu, menu favoritnya adalah ikan bakar.

"Favorit saya ikannya. Makanan yang lezat. Rasanya sangat autentik Indonesia. Saya juga suka sayurannya. Ada rasa pedas di dalamnya," ungkap Ciobo.

Ia menceritakan pada kunjungannya terakhir di Indonesia juga sempat memakan mi di warung kaki lima.

Menurut dia, cara terbaik memahami kebudayaan sebuah bangsa adalah dengan duduk dan menikmati makanan. Ia pun mengaku antusias ketika Menteri Enggar sebelumnya menjanjikan akan mengajak berkuliner saat tiba di Jakarta.

Menteri Ciobo menjelaskan kunjungannya pada Rabu ini merupakan ketiga kalinya dalam setahun terakhir. Dalam pertemuan di Kantor Kementerian Perdagangan, kedua menteri membahas perkembangan perundingan Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

Selain itu, Menteri Enggar dan Menteri Ciobo juga mengumumkan rencana kesepakatan pemberlakuan penghapusan bea masuk gula mentah asal Australia. 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017