Rabu, 18 Oktober 2017

Pelatih akui Timnas U-16 andalkan serangan balik

| 3.889 Views
Pelatih akui Timnas U-16 andalkan serangan balik
Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim sepak bola nasional Indonesia U16 Fakhri Husaini mengaku memanfaatkan serangan balik sebagai strategi untuk menaklukkan tim tuan rumah Thailand pada laga penyisihan grup G pertandingan kualifikasi Piala AFC U16 2018 yang berlangsung di Stadion Rajamangala Bangkok, Thailand, Rabu malam.

"Kami menyadari potensi para pemain kami yang mempunyai kecepatan sehingga kami mengandalkan serangan balik," kata Fakhri selepas pertandingan di Bangkok dalam keterangan tertulis Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang diterima Antara di Jakarta.

Pada pertandingan ketiga grup G itu, tim Garuda muda mempermalukan tim Gajah Putih sebagai tuan rumah 1-0 lewat gol Amanar Abdillah pada menit ke-20.

"Pemain Thailand juga banyak meninggalkan celah pada lini pertahanan mereka sehingga mudah bagi kami untuk memanfaatkannya," kata Fakhri.

Meskipun telah berkontribusi pada kemenangan tim, Fakhir lantas mengganti Amanar dengan Amiruddin Bagus Alfikri pada babak kedua menyusul kondisi fisik Amanar.

"Berdasarkan keterangan dokter, Amanar mendapatkan sakit mata dan mengakibatkan alergi. Saya sudah konsultasi dengan dokter dan menggantinya dengan Bagus. Sedangkan Rendy perlu diganti karena kami butuh pemain yang kuat dalam penguasaan bola," ujar Fakhri.

Tim Merah-Putih, lanjut Fakhri, banyak mengevaluasi penampilan mereka setelah menghadapi atas tim unggulan di Asia Tenggara itu pada kejuaraan Piala AFF 2017 pada Juli dengan mengubah susunan pemain.

"Kami bangga dengan hasil pertandingan malam ini karena para pemain dapat memenangkan pertandingan atas Thailand," kata Fakhri.

Sementara, Amanar mengaku gol tunggalnya yang mengantarkan kemenangan tim Indonesia merupakan kerja bersama rekan-rekan satu timnya.

"Saya akan berjuang terus terus sampai pertandingan terakhir melawan tim Laos. Terimakasih kepada para pendukung yang selalu memberikan semangat kepada kami," ujar Amanar.

Kemenangan atas Thailand pun semakin menguatkan posisi Indonesia pada peringkat pertama grup G kualifikasi Piala AFC U-16 2018 dengan sembilan poin dan koleksi 22 gol.

Sebelumnya pada laga perdana yang berlangsung Sabtu (16/9), Indonesia mendapatkan kemenangan besar 18-0 atas tim Kepulauan Mariana Utara.

Kemudian pada pertandingan kedua dengan Timor-Leste pada Senin (18/9), tim Merah-Putih juga meraih kemenangan yaitu 3-1 lewat trigol Sutan Zico.

Indonesia masih mempunyai satu laga tersisa dalam grup G untuk menghadapi tim Laos pada Jumat (22/9). Pada laga itu, Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke pertandingan utama Piala AFC U16 2018 yang akan berlangsung di Malaysia.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga